Roket SpaceX Digunakan NASA Kirim Astronot, Elon Musk: Ini Puncak dari Mimpi 

Sindonews · Sabtu, 30 Mei 2020 - 20:07 WIB
Roket SpaceX Digunakan NASA Kirim Astronot, Elon Musk: Ini Puncak dari Mimpi 

CEO SpaceX Elon Musk (Foto: SpaceX)

CALIFORNIA, iNews.id - NASA menjalin kerja sama dengan SpaceX untuk mengirim dua astronot mereka ke International Space Station (ISS). Rupanya pencapaian yang diraih SpaceX membuat sang bos bangga.

CEO SpaceX Elon Musk merasa bangga bisa bekerja sama dengan NASA. Bagi Musk, roket buatan perusahaannya digunakan NASA melebihi kenyataan.

Rasa banggan Musk bukan tanpa alasan. Jika misi berhasil, maka itu akan menjadi sejarah pertama kalinya roket dan kapsul awak buatan perusahaan Amerika Serikat berhasil mengantarkan astronot ke stasiun luar angkasa. Mengingat selama ini, NASA kerap mengirim astronot dari Rusia.

“Ini merupakan puncak dari mimpi. Saat memulai SpaceX, kesempatan seperti ini hanya 1%,” kata Musk, dalam sebuah wawancara dengan CBS This Morning yang dikutip dari Cnet, Jumat (29/5/2020).

Untuk diketahui, SpaceX akan mengirim dua astronot NASA ke ISS tapi tertunda karena cuaca buruk. Namun, perusahaan antariksa swasta ini berupaya untuk mencoba kembali peluncuran pada Sabtu, 30 Mei 2020 pukul 15.22 waktu setempat.

Kedua astronaut itu akan diluncurkan ke luar angkasa dari Launch Complex 39A, di Kennedy Space Center, Florida, tempat yang sama untuk meluncurkan misi Apollo serta pesawat ulak alik.

Antusiasme Musk tentu tidak lepas dari kegelisahan atas tanggung jawabnya mengantarkan Bob Behnken dan Doug Hurley ke ISS.

Editor : Dini Listiyani