Rover NASA Perseverance Bakal Bor Sampel Mars Lain Bulan Ini 

Dini Listiyani · Sabtu, 21 Agustus 2021 - 19:21:00 WIB
Rover NASA Perseverance Bakal Bor Sampel Mars Lain Bulan Ini 
Rover NASA Perseverance Bakal Bor Sampel Mars Lain Bulan Ini (Foto: Ist)

CALIFORNIA, iNews.id - Awal bulan ini NASA mencoba mengebor dan mengemas sampel material permukaan Mars menggunakan rover Perseverance. Meskipun semuanya tampak sesuai rencana, evaluasi lebih lanjut mengungkapkan tabung pengumpul sampel kosong. 

Perseverance akan memainkan peran besar dalam misi masa depan yang akan melibatkan pengiriman sampel Mars kembali ke Bumi. Sebelum itu terjadi, Perseverance harus mengebor sampel ini dan menyegelnya dalam tabung titanium kecil yang akan disimpan di permukaan Mars. 

Di beberapa titik masa depan, misi yang berbeda akan mengambil tabung dan mengirimnya ke Bumi. Upaya pengumpulan sampel yang pertama dilakukan awal bulan ini tetapi tidak berhasil sebaik yang direncanakan. 

Sampel tidak berhasil ditempatkan di dalam tabung; NASA segera mengetahui tidak ada sampel inti, yang berarti upaya pengeboran mungkin menyebabkan sampel pecah begitu saja menjadi pasir, sebagaimana dikutip dari Slash Gears. 

Dengan mengingat hal itu, badan antariksa tersebut mengatakan tim Perseverance-nya akan melanjutkan untuk mencari batu paver yang berbeda untuk dibor, yang diharapkan akan lebih kompatibel dengan sistem pengeboran dan pengambilan sampel bawaan rover. 

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: