Saksikan Gerhana Matahari Cincin di Rumah melalui Website Ini

Siska Permata Sari ยท Minggu, 21 Juni 2020 - 15:21:00 WIB
Saksikan Gerhana Matahari Cincin di Rumah melalui Website Ini
Gerhana Matahari Cincin. (Foto situs BMKG).

JAKARTA, iNews.id - Hari ini sebanyak 432 kota dan kabupaten di 31 provinsi di Indonesia dilintasi jalur Gerhana Matahari Cincin (GMC). Peristiwa ini terjadi ketika matahari, bulan dan bumi tepat segaris, sehingga matahari akan tampak seperti cincin.

Berdasarkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Indonesia hanya bisa mengamati Gerhana Matahari Sebagian, dengan magnitudo terentang antara 0,000 di Kepanjen, Jawa Timur sampai dengan 0,522 di Melonguane, Sulawesi Utara.

Sementara di 83 pusat kota lainnya, yaitu dua kota di Bengkulu, tujuh kota di Lampung, 10 kota Jawa Tengah, dan tujuh kota di Jawa Timur, serta semua kota di Jawa Barat (terkecuali Indramayu), Banten, DKI Jakarta, dan DI Yogyakarta tidak akan dilalui gerhana ini karena nilai magnitudo gerhananya kurang dari 0.

Di Indonesia, waktu mulai gerhananya paling awal adalah di Sabang, Aceh, yang terjadi pada pukul 13.16.00,5 WIB. Adapun kota yang waktu mulai gerhananya paling akhir adalah di Kepanjen, Jawa Timur, yaitu pukul 15.19.49,3 WIB.

Waktu Puncak Gerhana pun akan berbeda-beda di setiap daerah. Di Indonesia, daerah yang akan mengalami waktu saat puncak gerhana paling awal adalah Kota Sabang, Aceh, yang terjadi pada pukul 14.34.52,4 WIB. Selanjutnya, kota yang akan mengalami waktu puncak paling akhir adalah Agats, Papua, yaitu pukul 17.37.26,3 WIT.

Tapi tak perlu sedih. Sebab bagi Anda yang tinggal di wilayah yang tidak dilintasi jalur gerhana atau cuaca yang tak mendukung, BMKG menyediakan layanan live streaming melalui website  www.bmkg.go.id/GMC.

Dalam website itu, BMKG memperlihatkan  pemantauan gerhana dari sejumlah wilayah. Mulai dari Karangkates, Bantul, Lembang, Anyer, Padang Panjang, Medan, Deli Serdang, Aceh Besar, Semarang, Manado, Donggala, Takalar, Gowa, Kupang, Alor, Waingapu, Denpasar, Jayapura 1, Jayapura 2, Ambon, dan Ternate. Anda juga dapat menyaksikan Live Streaming melalui YouTube infoBMKG.

Editor : Tuty Ocktaviany