Sesuai Rencana, China Akan Luncurkan Misi ke Mars pada Juli

Dini Listiyani ยท Rabu, 27 Mei 2020 - 15:09:00 WIB
Sesuai Rencana, China Akan Luncurkan Misi ke Mars pada Juli
Rover yang dikirim NASA ke Mars (Foto: NASA)

BEIJING, iNews.id - China berencana meluncurkan misi ke Mars dalam beberapa bulan ke depan. Kini, Negeri Tirai Bambu itu tengah memperbaiki peluncuran dengan tujuan mendaratkan baling-baling yang dikendalikan dari jarak jauh di permukaan Planet Merah.

The China Aerospace Science and Technology Corporation (CASC) adalah kontraktor utama untuk progam luar angkasa negaranya. Mereka mengkonfirmasi rencana ke Planet Merah selama akhir pekan lalu.

“Proyek besar ini berjalan sesuai rencana dan kami menargetkan peluncuran pada Juli,” katanya yang dikutip dari Metro, Rabu (27/5/2020).

Misi ke Mars dikenal sebagai Tianwen. Misi akan mencakup meletakkan probe di orbit sekitar Mars sebelum mencoba mendaratkan rover di permukaan Planet Merah.

Langkah China akan menunjukkan kekuatan program luar angkasa China dan menantang Amerika Serikat (AS). Mengingat, AS sebelumnya telah mengirimkan empat rover ke Planet Merah.

AS, bagaimana pun, telah melarang sebagian besar kerja sama luar angkasa dengan China di luar masalah keamanan nasional. Ha ini mencegah China berpartisipasi dalam International Space Station (ISS).

Kendati demikian, ambisi China terus tumbuh karena berupaya menyaingi AS, Rusia, dan Eropa dalam segi program luar angkasa. Sekaligus, memperkuat posisi China di regional dan global.

 

Editor : Dini Listiyani