TESS Temukan 5.000 Kandidat Exoplanet, Pengamatan Masih Diperlukan

Dini Listiyani ยท Senin, 24 Januari 2022 - 10:05:00 WIB
TESS Temukan 5.000 Kandidat Exoplanet, Pengamatan Masih Diperlukan
TESS Temukan 5.000 Kandidat Exoplanet, Pengamatan Masih Diperlukan (Foto: NASA/GSFC)

SAN FRANCISCO, iNews.id - Satelit pemburu planet NASA Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) telah melewati milestone mengesankan. Satelit berhasil mengidentifikasi 5.000 exoplanet potensial.

Diluncurkan pada 2018, teleskop pekerja keras telah digunakan para peneliti dari berbagai institusi untuk menemukan indikasi planet di luar tata surya. Banyak objek yang diidentifikasi TESS disebut sebagai exoplanet potensial atau TESS Object of Interest (TOIs) karena memerlukan beberapa pengamatan untuk mengonfirmasi sinyal yang diberikann sebenarnya adalah exoplanet.

Saat ini, lebih dari 5.000 kandidat ditemukan, 176 telah dikonfirmasi sebagai exoplanet. Kumpulan kandidat planet baru-baru yang mendorong TESS lebih dari 5.000 ditemukan sebagai bagian dari Faint Star Search, yang dipimpin oleh Michelle Kunimoto dari MIT.

"Kali ini tahun lalu, TESS telah menemukan lebih dari 2.400 TOI. Hari ini, TESS telah mencapai lebih dari dua kali jumlah itu, sebuah bukti besar untuk misi dan semua tim menjelajahi data untuk planet baru. Saya senang melihat ribuan lainnya di tahun-tahun mendatang," katanya sebagaimana dikutip dari Digital Trends.

Halaman : 1 2