Virgin Orbit Berencana Kirim Cubesats ke Mars Awal 2022

Dini Listiyani ยท Kamis, 10 Oktober 2019 - 12:10 WIB
Virgin Orbit Berencana Kirim Cubesats ke Mars Awal 2022

Virgin Orbit berencana kirim cubesats ke Mars awal 2022 (Foto: Virgin Orbit)

SAN FRANCISCO, iNews.id- Virgin Orbit berencana untuk menjadi perusahaan swasta pertama yang mengirim cubesats ke Mars. Rencananya cubesats pertama mereka akan diluncurkan pada 2022.

Virgin Orbit mengumumkan kemitraan dengan perusahaan satelit SatRevolution dan banyak universitas Polandia untuk merancang serangkaian misi satelit kecil ke Mars. Rencananya, cubesat pertama akan diluncurkan awal 2022 nanti.

Dikutip Engadget, Kamis (10/10/2019), Virgin Orbit adalah spinoff dari Richard Branson's Virgin Galactic dan didedikasikan untuk proyek-proyek smallsat berbiaya rendah. Upaya Virgin Orbit terbaru ini terinspirasi oleh misi InSight NASA.

Untuk diketahui, misi InSight NASA baru-baru ini berhasil mengirim dua cubesats ke Mars. Sekarang, perusahaan antariksa swasta ini percaya dapat mengirim pesawat luar angkasa sendiri yang serupa ke luar angkasa menggunakan roket LauncherOne.

Cubesat akan mempunyai beberapa tugas. Begitu mencapai Mars, cubesats dapat mengambil foto, mempelajari atmosfer, atau mencari air. Pada akhirnya nanti Virgin Orbit dapat meneliti Bulan-Bulan Mars, Venus, dan mungkin beberapa asteroid.

Namun sebelum meluncurkan cubesats, Virgin Orbit harus menyelesaikan roket LauncherOne terlebih dulu. Roket LauncherOne yang mempunyai panjang 70 kaki akan jatuh dari kapal induk Boeing 747 milik Virgin Orbit yang dijuluki Cosmic Girls.

LauncherOne telah menyelesaikan tes captive carry dan drop, tapi belum melakukan uji terbang pertamanya. Keberhasilan misi cubesats Mars ini kemungkinan akan bergantung pada LauncherOne.


Editor : Dini Listiyani