20 Pelaku Pariwisata Ikuti Program Like Exotic NTT, Menparekraf: Ini Bisa Memperkuat Kualitas Produk Unggulan Ekraf

Elvira Anna ยท Sabtu, 28 Mei 2022 - 23:25:00 WIB
20 Pelaku Pariwisata Ikuti Program Like Exotic NTT, Menparekraf: Ini Bisa Memperkuat Kualitas Produk Unggulan Ekraf
Salah satu makanan khas NTT yang akan dipromosikan jadi produk unggulan. (Foto: istimewa)

JAKARTA, iNews.id -  Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung dan Bank Indonesia NTT menggelar program Like Exotic NTT untuk 20 pelaku usaha pariwisata. Program bertujuan meningkatkan kualitas pemasaran produk ekraf melalui kemasan desain produk yang siap untuk dipamerkan pada ajang KTT G20 tahun 2022 di Labuan Bajo.

Program Like Exotic NTT akan dilakukan pengembangan produk dan kemasan pada 20 pelaku usaha di bidang kerajinan dan kuliner. Nantinya pelaku usaha akan didampingi oleh 3 mentor desain profesional serta 10 tenaga ahli desain dan 10 mahasiswa lintas program studi  Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung.

Pada tahap awal 25 Mei 2022 lalu,  sebanyak 20 UMKM  lolos seleksi dan akan mengikuti webinar mentoring dari tiga ahli desain kemasan, kuliner dan kriya dilanjutkan dengan workshop serta matching antara UMKM dengan desainernya. Hasil akhir yang didapat oleh UMKM nantinya berupa desain kemasan produk dan bantuan kemasan.

Menanggapi program Like Exotic NTT Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno berharap program ini menjadi peluang untuk promosi produk unggulan NTT.

"Program Like Exotic NTT kali ini diharapkan bisa menjadi momentum bagi rekan-rekan pelaku ekonomi kreatif NTT untuk mengambil bagian dalam kebangkitan industri ekraf yang dapat mempromosikan produk-produk unggulannya dan menjadi dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi, sosial budaya, dan lingkungan," ujar Menparekraf, Sabtu (28/5/2022).

Menpar juga menyampaikan bahwa terpilihnya Labuan Bajo sebagai salah satu lokasi pelaksanaan kegiatan side meeting Konferensi Tingkat Tinggi G20 merupakan momentum yang harus dimanfaatkan secara maksimal. Produk-produk khas NTT seperti kopi, kain tenun NTT yang memiliki pattern dan simbol yang berbeda-beda tiap kabupaten akan menarik perhatian para tamu dan delegasi G20, asalkan baik kualitas produk maupun packagingnya berstandar.

Editor : Elvira Anna

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: