6 Kebutuhan Rumah Tangga Paling Laris saat Akhir Bulan Dibeli lewat Online
JAKARTA, iNews.id - Selama masa pandemi Covid-19, masyarakat lebih memilih belanja online dibandingkan harus pergi ke toko. Selain aman dari penularan virus corona, Anda juga lebih mudah memilih produk pilihan dengan berbagai promo belanja.
Tidak heran jika belakangan ini banyak e-commerce yang berlomba-lomba menawarkan diskon dan promo. Tujuannya untuk memanjakan konsumen.
Bahkan, berdasarkan riset Lazada di sepanjang paruh 2021 terlihat aktivitas transaksi tertinggi setiap periode akhir bulan. Tidak saja untuk berbagai produk kebutuhan inti namun juga berbagai produk edisi khusus dari brand-brand favorit konsumen.
Sawitri Hertoto, VP of Marketing Lazada Indonesia mengatakan, biasanya akhir bulan adalah saatnya berbelanja kebutuhan bulanan maupun untuk membeli barang yang sudah lama diincar atau ada dalam wishlist.
"Umumnya, platform kami juga melihat adanya kenaikan transaksi di setiap periode akhir bulan, baik dari sisi daya beli hingga jumlah produk," kata Sawitri Hertoto, melalui keterangan virtualnya belum lama ini.
Adapun, beberapa temuan menarik dari kebiasaan belanja konsumen sepanjang paruh tahun 2021 ini, terutama di periode akhir bulan, adalah:
1. Produk kesehatan
Di tahun kedua situasi pandemi, kesehatan masih menjadi prioritas utama bagi banyak konsumen Indonesia. Hal ini terlihat dari penjualan masker kesehatan serta termometer dan minuman kesehatan penambah stamina tubuh masih terus menjadi barang yang selalu dibeli konsumen tiap bulannya.
2. Kebutuhan Rumah Tangga
Untuk kebutuhan rumah tangga (home and living), tahun ini produk bedding juga menjadi kian populer, terutama untuk produk-produk seperti sprei motif dan selimut bulu, Tak hanya itu, setelah di tahun lalu, rak dan kebutuhan dekorasi rumah lainnya menjadi favorit pembelian konsumen. "Kali ini wallpaper untuk menghias dinding rumah juga menjadi produk yang banyak dibeli oleh konsumen di setiap akhir bulannya," kata Sawitri Hertoto.
Sepertinya, selain kesehatan diri, kenyamanan tempat tinggal juga masih menjadi prioritas banyak konsumen di Indonesia.
3. Kebutuhan Bayi
Sementara itu, untuk para Ibu dengan bayi dan balita, selain kebutuhan pokok bayi dan balita seperti popok dan susu formula, ternyata minyak telon menjadi produk yang paling banyak dibeli oleh orang tua setiap bulannya. Tentunya untuk memastikan kesehatan buah hati mereka agar tetap terjaga.
4. Kesehatan dan Kebugaran
Kesehatan dan kebugaran tubuh menjadi prioritas utama konsumen, salah satu cara menjaganya adalah dengan berolahraga. Hal ini sejalan dengan tren pembelanjaan di kategori olahraga. Berbagai alat penunjang aktivitas olahraga menjadi semakin diminati, seperti running shoes, pakaian & aksesori olahraga hingga smartwatch menjadi barang favorit yang kerap dijadikan wishlist oleh konsumen baik laki-laki maupun perempuan.
5. Kecantikan
Setelah memastikan kebugaran tubuh, tentunya kecantikan merupakan hal lain yang menjadi prioritas. Kategori beauty masih menjadi salah satu kategori yang paling banyak diminati oleh konsumen.
Khusus untuk kategori beauty premium, produk beauty set atau bundling yang terdiri dari serangkaian produk perawatan kecantikan maupun produk make up menjadi produk-produk yang sering dijadikan wishlist oleh para konsumen.
6. Elektronik
Sementara itu, di kategori elektronik dan gadget, produk Smart TV & Smartphone masih menjadi produk impian yang ingin dimiliki banyak konsumen, khususnya pada saat periode gajian datang. Tampaknya, mencari hiburan selama menghabiskan banyak waktu di rumah menjadi solusi paling tepat bagi masyarakat.
Berbagai brand lokal maupun internasional pun turut berpartisipasi dalam Pesta Gajian.
Ivan Gunawan, selebriti serta pengusaha fesyen mengatakan, setiap orang itu pasti suka belanja, bahkan belanja kadang dianggap sebagai retail therapy. Belanja bulanan itu sudah pasti dilakukan hampir oleh semua orang, lantas kapan lagi saat yang tepat untuk belanja sekaligus mendapatkan retail therapy dari produk-produk yang selama ini diincar.
"Siapa sih yang gak ingin dapat diskon hingga 80 persen? Rasanya bisa belanja dengan lebih hemat dan efisien adalah cita-cita semua konsumen ya. Jadi, promo-promo bisa banget dimanfaatkan,” tuturnya.
Editor: Vien Dimyati