BIG Group Dukung Kolaborasi RCTI+ dan Shopee, Dorong Digitalisasi dan Kekuatan UMKM Indonesia
JAKARTA, iNews.id - RCTI+ dan Shopee berkolaborasi dalam menghadirkan fitur belanja langsung dalam satu aplikasi. Inovasi ini mendapat sambutan positif dari berbagai pelaku industri, termasuk BIG Group.
General Manager BIG Group Ninove Akbar menilai langkah inovatif ini bukan hanya membuka peluang baru bagi konsumen untuk berbelanja dengan mudah, tetapi juga menjadi momentum penting dalam memperkuat ekosistem digital dan mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia.
"Karena memang produk yang kami jual ini cukup masif di Indonesia dan memang perusahaan yang saya pimpin ini sudah berjalan 17 tahun. Kami ingin membangun dan membentuk upaya memperkuat UMKM di seluruh Indonesia," kata Ninove di iNews Tower, Kebon Sirih, Jakarta Barat, Kamis (13/11/2025).
"Jadi produk kami gak cuma ada lampu, tapi ada rice cooker, speaker noise, kemudian ada headlamp dan sebagainya," tambah Ninove.
Sebagai perusahaan yang telah beroperasi hampir dua dekade, BIG Group kini memiliki lima pabrik di Tangerang dengan sekitar 5.000 karyawan. Dengan pendapatan mencapai sekitar Rp400 miliar per bulan, Ninove menegaskan bahwa BIG Group berkomitmen untuk terus tumbuh melalui inovasi dan kolaborasi strategis di ranah digital.
"Artinya dengan angka yang lumayan signifikan dan tentunya dengan nama besar RCTI+, harapannya ke depannya kami bisa melakukan sinergi yang memang terpusat kepada digitalisasi dan juga lebih kepada easy to pay," ucapnya.
Konsep easy to pay dikatakan Ninove merujuk pada kemudahan bertransaksi tanpa harus keluar dari aplikasi saat sedang menonton konten. Ia mengatakan kebiasaan masyarakat Indonesia kini sudah berubah, di mana menginginkan kemudahan dan kecepatan dalam berbelanja, bahkan di saat sedang menikmati hiburan.
"Easy to pay artinya karena customer itu kan udah nggak mau ke mana-mana. Kadang lagi pengen nonton, sambil nih ada stimulus nih, ada promosi nih, ada apa nih. Ini memang harus sambil belanja seperti itu. Karena gak cuman jualan offline, tapi sekarang kan market sudah berubah untuk lebih ke online ya," ujarnya.
Ninove juga menilai bahwa integrasi belanja dan hiburan yang dihadirkan RCTI+ bersama Shopee merupakan langkah strategis yang unik dan relevan dengan gaya hidup masyarakat modern. Di tengah maraknya platform marketplace, inovasi ini dianggap menjadi cara yang tepat dalam menggaet konsumen.
"Tapi dengan banyaknya marketplace, dengan utilitas segala macam, dengan uniqueness yang memang diberikan oleh RCTI+ ini, itu suatu hal yang baru buat kami. Artinya dengan hobi orang suka nonton, ditambah suka belanja, itu kan juga peluang yang bagus," tuturnya.
Bagi BIG Group, kolaborasi ini bukan hanya soal inovasi, tetapi juga bagian dari upaya untuk memperluas jangkauan pasar produk lokal dan memperkuat peran UMKM dalam ekonomi digital.
Editor: Muhammad Sukardi