Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Outfit Nikita Mirzani Hari Ini Terinspirasi dari Nikita Willy, Segini Harga Bajunya!
Advertisement . Scroll to see content

Brand Lokal Karya Milenial Tembus Pasar Global hingga Viral di TikTok

Senin, 25 Desember 2023 - 23:05:00 WIB
Brand Lokal Karya Milenial Tembus Pasar Global hingga Viral di TikTok
Brand lokal tembus pasar global (Foto: Ist)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak brand lokal di Indonesia yang viral melalui media sosial TikTok. Bahkan, karya milenial ini tembus hingga pasar global.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, banyak brand lokal yang telah memperluas pangsa hingga ke pasar global. Dengan produk custom-nya yang unik dan menjadi tren baru, industri fesyen Indonesia terus mengalami peningkatan dengan hadirnya beragam brand lokal dengan kualitas terbaik dapat bersaing secara global dalam skala internasional. 

Peningkatan kualitas produksi baik secara ragam, desain, hingga model perlu juga diiringi dengan peningkatan strategi marketing dengan melibatkan beragam aspek termasuk pemasaran secara digital untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas dengan biaya yang lebih efisien.

Platform video singkat seperti TikTok hadir sebagai media hiburan yang terus menyajikan konten-konten menarik dan juga mengedukasi. Bahkan saat ini TikTok memiliki peran dalam membantu pertumbuhan brand lokal di Indonesia, terutama meningkatkan penjualan bisnis. 

Dua di antaranya adalah brand lokal, Aerostreet dan Erigo, yang berhasil mengoptimalkan potensi bisnis secara pesat melalui transformasi strategi pemasaran dengan menggunakan fitur yang dimiliki oleh platform TikTok. 

Aerostreet

Lahir dari visi pendiri Adhitya Caesarico, Aerostreet berdiri pada 2015 sebagai toko offline yang berfokus pada produk sepatu untuk kalangan pelajar atau mahasiswa. Mengatasi tantangan industri yang dinamis, Aerostreet mulai mencoba merambah ke ranah pemasaran digital melalui e-commerce sejak 2019 dan berhasil memperluas lini bisnis pada kategori pakaian pada 2021. Menggaet target audiens dengan gaya urban trendi yang terjangkau, Aerostreet mulai membangun reputasi sebagai brand streetwear lokal ternama.

Untuk mengoptimalkan usahanya di ranah digital, Aerostreet juga hadir di platform TikTok. Tidak disangka, dampak yang dirasakan melalui platform ini tumbuh pesat, salah satunya adalah berhasil mendapatkan rekor pendapatan tertinggi di fitur belanja TikTok. Konsisten dalam melakukan berbagai konten promosi, Aerostreet berhasil mendapatkan audiens yang loyal secara organik, terus mendukung beragam aktivitas Aerostreet secara digital.

"Kami bersyukur sekali karena promosi produk fesyen Aerostreet tetap bisa berlanjut saat ini bahkan dengan full team tanpa ada pengurangan satu pun karyawan. Terlebih, momen live shopping TikTok 12.12 kemarin, menjadi keberhasilan dengan penjualan mencapai 35.600 pembeli," ujar perwakilan Aerostreet.

Erigo

Brand lokal kebanggaan Indonesia lainnya adalah Erigo, yang didirikan pada 2013. Erigo menjadi solusi untuk anak muda yang mencari pakaian perpaduan serbaguna dari pakaian kasual, semi-formal, serta trendi untuk pria dan wanita. Tidak sedikit anak muda yang menjadikan Erigo sebagai brand fesyen trendsetter di Indonesia. Terus berkomitmen pada kualitas, Erigo menerapkan penggunaan manufaktur berteknologi tinggi dengan karyawan profesional yang terus menjaga kualitas dan memastikan pakaian kualitas premium untuk memenuhi beragam preferensi target audiens. Sesuai yang diharapkan, keberhasilan Erigo salah satunya adalah mencapai angka yang luar biasa melalui momen 12.12 dengan penjualan yang melebihi periode promo sebelumnya pada momen 9.9. Didukung dengan tembusan trafik organik hingga jumlah rata-rata audiens yang tinggi menembus 1.000 penonton.

Dengan beberapa produk unggulan yang habis terjual, Erigo membuktikan, TikTok menjadi platform video yang membantu brand fesyen lokal mengembangkan bisnisnya. Penjualan mereka berhasil diborong 4,900 pembeli adalah bukti kehadiran Erigo di TikTok membawa dampak positif signifikan dalam waktu 24 jam.

"Kesempatan untuk melakukan live entertainment di TikTok berhasil menarik 1.000 penonton. Kami sangat antusias dengan memberikan layanan 24 jam untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan. Ke depannya kami akan terus memanfaatkan fitur-fitur di TikTok untuk membantu mengenalkan fesyen muda kepada masyarakat luas Indonesia bahkan hingga ke kancah internasional," kata  perwakilan Erigo.

Hal ini menunjukkan UMKM dari bidang fesyen pun bisa mendorong pertumbuhan bisnisnya dengan tetap melihat peluang pasar yang ada dan terus beradaptasi. Salah satunya dengan menggunakan layanan aplikasi digital atau media sosial agar semakin luas jangkauan audiens yang dituju.

Editor: Vien Dimyati

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut