Jangan Gampang Tergoda Diskon, Ini Tips Belanja Item Fashion Berkualitas
JAKARTA, iNews.id – Belanja sambil berburu barang diskon memang jadi kegemaran banyak orang, khususnya kaum hawa. Namun jangan gampang tergoda potongan harga, ternyata ada tips khusus untuk kaum hawa memilih item fashion berkualitas.
Dikatakan Timothy Astandu selaku Co-Founder dan CEO Populix, bahwa secara umum produk fashion dan kecantikan adalah barang yang paling sering diburu kaum hawa. Bahkan tren saat ini barang fashion makin banyak dibeli lewat live streaming shopping.
Timothy juga menyampaikan berdasarkan hasil riset terlihat bahwa kategori produk yang paling banyak dibeli adalah fashion dan aksesoris (85 persen), kecantikan, perawatan & kesehatan (54 persen), gaya hidup (41 persen), kebutuhan rumah tangga (33 persen), produk sehari-hari/FMCG (32 persen), elektronik (25 persen), dan ibu dan anak/kebutuhan bayi (16 persen). Hasil survei mengungkap juga bahwa dalam sebulan masyarakat dapat berbelanja dua hingga 4 kali dengan budget yang dikeluarkan sekitar Rp200.000 dalam sekali transaksi.
“Fashion dan kecantikan menjadi dua kategori dengan persentase paling tinggi di antara kategori lainnya, yang paling banyak dibeli saat live shopping. Kedua kategori tersebut menunjukan perputaran tren yang cepat, salah satunya melalui variasi hingga model produk yang dihadirkan,” kata Timothy belum lama ini.
Berkaca dari riset tersebut Timothy pun membagikan tips aman untuk belanja item fashion di live shopping. Salah satunya melihat konten kreatif yang meliputi review, haul hingga rekomendasi produk dapat ditemui dimana saja.
Jangan lupa juga memperhatikan fitur live streaming. Konten-konten ini memang cenderung lebih banyak pada dua area kategori ini. Konon Shopee live menjadi fitur live streaming yang paling sering dipakai untuk membeli barang-barang kategori Fashion & Kecantikan.
“Pilih live shopping yang paling banyak respondennya. Semisal untuk Shopee Live dipakai oleh 79 persen responden, jauh di atas pesaing terdekatnya TikTok Live (44 persen). Untuk kategori Kecantikan, Shopee Live dipakai oleh 71 persen, jauh di atas pesaing terdekatnya, TikTok Live (51 persen),” ujar Timothy.
Sementara tips lainnya yang bisa dilakukan saat live shopping yakni melihat kelengkapan kategori. Hal ini menjadi faktor penting yang diperhatikan konsumen saat melakukan live shopping. Kelebihan live shopping yang dapat melihat dan bertanya secara langsung melalui video, mempengaruhi keputusan konsumen saat berbelanja untuk kategori tertentu.
Editor: Elvira Anna