Live Streaming 12 Jam di Shopee Live, Raffi Ahmad Raup Omzet Penjualan hingga Rp7 Miliar
JAKARTA, iNews.id - Raffi Ahmad gemparkan dunia live streaming bersama Shopee sebagai salah satu perusahaan e-commerce terbesar di Indonesia dalam kampanye 7.7 Shopee Live Bombastis Sale. Setelah menemani pengguna Shopee selama 12 jam nonstop melalui sesi penjualan di Shopee Live, Raffi berhasil pecahkan rekor omzet penjualan live streaming dengan total transaksi hingga Rp7 miliar.
Dikutip dari unggahan video di akun Instagram @raffinagita1717, Senin (10/7/2023), diketahui bahwa sesi live streaming spesial 12 jam nonstop bersama Raffi Ahmad di Shopee Live dihadirkan sebagai salah satu bagian dari kemeriahan hari puncak kampanye 7.7 Shopee Live Bombastis Sale yang jatuh pada Jumat (7/7/2023).
“Halo Sobat Shopee. Aku mau bilang terima kasih kalian udah nonton gue kemaren belanja di Shopee Live 12 jam promo puncak Shopee 7.7! Keren banget Bombastis! Total jualannya TokoPapaRaffi hampir Rp7 miliar. Nih aku kasih liat, ya, sini sini sini. Tuh liat nih, Wuuuhuuuw top mantap is the best. Alhamdulillah banget hampir Rp7 miliar, aduh makasih banyak ya, guys," ujar Raffi.
Dalam video tersebut, Raffi juga menuturkan bahwa belanja melalui Shopee Live sangat murah, serta mendapat diskon hingga 50 persen.
"Terima kasih terima kasih terima kasih. Belanja di Shopee Live paling murah pastinya di Shopee, udah gitu Shopee Live juga semua diskon 50 persen. Shopee emang TOP MANTAP IS THE BEST,” katanya.
Tampak antusiasme para pengguna setia Shopee yang juga merupakan penggemar setia dari RANS dalam rangkaian sesi live streaming puncak kampanye 7.7 Shopee Live Bombastis Sale.
Seruan “Toko Papa Raffi Emang Paling Affordable”, “Toko Papa Raffi Emang Paling Bombastis” atau “Checkout Checkout Checkout” turut meramaikan sesi live. Tidak hanya itu, berbagai promo menarik yang sayang untuk dilewatkan menjadi alasan tingginya antusiasme pengguna terhadap sesi spesial Live Bareng Toko Papa Raffi di Shopee Live.
Tidak hanya melalui seruan promo saja, Raffi juga berinteraksi dengan penonton dari Shopee Live dengan membacakan komen atau menjawab pertanyaan detail terkait produk di kolom chat.
Raffi Ahmad yang telah dikenal namanya sebagai aktor, penyanyi, pengusaha, serta presenter kembali menorehkan kesuksesannya yang bombastis melalui sesi live streaming 12 jam bersama Shopee Live dengan memecahkan rekor total transaksi hingga Rp7 miliar.
Kemeriahan hari puncak kampanye 7.7 Shopee Live Bombastis Sale ini memang diwarnai oleh berbagai pencapaian. Selain diramaikan oleh Raffi Ahmad, TokoPapaRaffi juga berada di urutan nomor 1 pada Top Shopee Live Streamers.
Kampanye 7.7 Shopee Live Bombastis Sale yang dihadirkan oleh Shopee ini banyak menarik minat masyarakat dalam berbelanja, khususnya pada kategori pakaian dan kecantikan sebagai kategori favorit, serta paling banyak dicari dengan peningkatan transaksi melalui Shopee Live yang signifikan. Pilihan produk, seperti moisturizer, lipstik, dan foundation menjadi produk favorit pengguna Shopee saat berbelanja kategori kecantikan di Shopee Live. Sedangkan tas, sepatu, dan kemeja menjadi pilihan produk yang paling banyak dibeli melalui live shopping. Tidak heran jika kampanye ini di gadang-gadang sebagai promo live beauty and fashion terbesar.
Tidak perlu diragukan lagi, eksistensi Raffi selama berkecimpung di dunia presenter dan entertainment membuat interaksi yang dibangun melalui sesi live streaming di Shopee Live sangat seru dan meningkatkan daya tarik pengguna. Apalagi, rangkaian kolaborasi seru antara Raffi Ahmad dan Shopee sudah sering disaksikan. Mulai dari penampilan seru pada TV show di beberapa kampanye sebelumnya, iklan TV yang dibintangi oleh Raffi, Shopee Live di kampanye 7.7, dan yang paling bombastis adalah pencetakan rekor live streaming dengan omzet terbesar pada hari puncak kampanye.
Diluar dari prestasi Raffi yang luar biasa, pencapaian rekor ini juga dipengaruhi oleh faktor kuat dari fitur yang digunakan, yakni Shopee Live. Shopee Live merupakan fitur live streaming yang dapat ditemukan melalui aplikasi Shopee. Sesuai dengan data SimilarWeb, Shopee masih menduduki posisi pertama sebagai e-commerce dengan jumlah pengunjung tertinggi selama Mei 2023 dengan 161 juta pengunjung, disusul Tokopedia yang meraih 106 juta pengunjung, dan Lazada 70 juta pengunjung.
Berdasarkan data tersebut, dapat dikatakan bahwa Shopee masih menempati posisi pertama pada peta persaingan e-commerce saat ini. Hal ini terbukti dari hasil riset Tren Perilaku Belanja Online Sambut Ramadan 2023 dari Snapcart yang dipublikasikan Maret 2023, di mana terdapat beberapa indikator yang dapat memberikan gambaran mengenai kondisi pasar e-commerce pada awal 2023.
Riset tersebut mengungkap bahwa, berdasarkan indikator Brand Use Most Often (BUMO) atau merek yang paling sering digunakan, 61 persen responden memilih Shopee, disusul dengan Tokopedia (22 persen), TikTok Shop (9 persen) dan Lazada (7 persen). Hal tersebut didukung dengan hasil pada indikator merek yang paling pertama diingat atau Top Of Mind, Shopee unggul di peringkat pertama dengan angka 70 persen, diikuti oleh Tokopedia (22 persen), Lazada (5 persen), dan TikTok Shop (2 persen). Data tersebut, dapat mengungkap realita situasi pasar pada awal 2023.
Mengutip dari laporan Momentum Works bertajuk "E-Commerce Southeast Asia 2023", secara nilai transaksi bruto per e-commerce selama tahun lalu, Shopee masih jauh memimpin.
Lalu bagaimana dengan situasi pasar live shopping saat ini, apakah ada perbedaan? Cara belanja yang sedang menarik antusiasme masyarakat adalah live shopping, khususnya karena interaksi yang ditawarkan. Saat ini, para pemain e-commerce pun berlomba-lomba berinovasi dan berinvestasi pada area tersebut.
Melalui laporan teranyar dari Populix berjudul “Understanding Live Streaming Shopping Ecosystem in Indonesia” yang menilik perilaku dan sikap pengguna fitur live streaming, disimpulkan bahwa Shopee Live merupakan platform yang paling sering digunakan untuk belanja online.
Di mana, 69 persen responden memilih Shopee Live sebagai fitur live streaming yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia, di atas para pesaingnya. Shopee Live juga menjadi fitur live streaming yang paling diingat oleh masyarakat Indonesia dengan hasil 60 persen responden.
Melalui riset yang sama, diketahui bahwa kategori produk yang paling banyak dibeli adalah fashion dan aksesoris (85 persen), kecantikan, perawatan dan kesehatan (54 persen), gaya hidup (41 persen), kebutuhan rumah tangga (33 persen), produk sehari-hari/FMCG (32 persen), elektronik (25 persen), serta ibu dan anak/kebutuhan bayi (16 persen).
Guna melengkapi temuan tingginya animo pengguna fitur live shopping untuk membeli produk fashion dan kecantikan, Populix pun menemukan bahwa Shopee Live menjadi fitur live streaming yang paling sering dipakai untuk membeli barang-barang kategori fashion dan kecantikan. Pada kategori Fashion, Shopee Live digunakan oleh 79 persen responden.
Sama halnya untuk kategori Kecantikan, Shopee Live dipakai oleh 71 persen, lebih tinggi jauh di atas e-commerce lain. Hal ini sejalan dengan hasil data yang memaparkan bahwa Shopee Live menduduki posisi pertama pada indikator merk/fitur live streaming yang paling disukai, di mana Shopee Live menjadi pilihan utama responden (66 persen).
Pencapaian memecahkan rekor omzet penjualan di spesial sesi Live Bareng Toko Papa Raffi selama 12 Jam nonstop pada puncak kampanye 7.7 Shopee Live Bombastis Sale kembali menjadi bukti kesuksesan dari kerja sama antara Shopee dan Raffi Ahmad untuk kesekian kalinya.
Berkobarnya semangat promo masih berlanjut di Shopee. Nikmati belanja di Shopee Live, semua diskon 50 persen dan paling murah di Shopee. Pengguna dapat menemukan berbagai kebutuhan saat berbelanja di Shopee Live sambil menikmati pengalaman belanja yang mudah dan interaktif, tentunya dapatkan banyak promo untuk semua barang mulai jam 8 malam setiap harinya.
Inovasi yang tidak pernah main-main dan bombastis terus dihadirkan oleh Shopee, khususnya melalui fitur live streaming Shopee Live pada kategori Fashion dan Kecantikan. Akan ada keseruan apa lagi, ya? Tunggu kejutan lainnya!
Editor: Rizqa Leony Putri