Live Streaming di Shopee Live, Penjualan 9.9 Super Shopping Day Naik Lebih dari 30 Kali Lipat
JAKARTA, iNews.id - Shopee baru saja menutup festival belanja 9.9 Super Shopping Day yang telah berlangsung sejak 18 Agustus-9 September 2023 dengan berbagai pencapaian positif.
Menjadi awal dari rangkaian kampanye menuju akhir tahun, antusiasme masyarakat dalam memanfaatkan beragam kemeriahan yang dihadirkan terlihat dari peningkatan Shopee Live ditonton lebih dari tujuh kali lipat dan jumlah produk terjual mencapai lebih dari 30 kali lipat pada puncak kampanye dibanding hari biasa.
Pencapaian ini semakin menunjukan bagaimana para pengguna memanfaatkan Shopee dan kampanye 9.9, beserta fitur interaktif yang dihadirkan sebagai wadah untuk memenuhi kebutuhan mereka.
Head of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna mengatakan, kampanye 9.9 Super Shopping Day melahirkan beberapa tren belanja dan jualan.
"Festival belanja akhir tahun selalu menjadi momen yang sangat menyenangkan bagi kami di Shopee, karena dapat kembali menyaksikan animo masyarakat dalam menjadikan Shopee destinasi berbelanja kebutuhan yang bervariasi. Antusiasme masyarakat dalam memanfaatkan kampanye 9.9 Super Shopping Day pun telah banyak melahirkan beberapa tren belanja hingga berjualan baru yang menarik untuk diamati," ujarnya.
Dia juga menambahkan, kehadiran Shopee Live dan Shopee Affiliate telah menciptakan ruang kolaborasi dan dampak positif bagi pengguna.
"Selain masyarakat juga semakin semangat dalam berburu produk incarannya melalui ragam promo dan harga spesial, kehadiran fitur interaktif seperti Shopee Live dan Shopee Affiliate juga telah menciptakan ruang kolaborasi dan membawa dampak positif bagi para pengguna baik pembeli, penjual, maupun kreator guna mendapatkan proses jual beli yang lebih menguntungkan dan menyenangkan,” tutur Monica.
Fitur Shopee Live Ciptakan Dampak Signifikan untuk Seluruh Ekosistem
Puncak kampanye 9.9 Super Shopping Day tahun ini lebih meriah, tidak hanya deretan promo menarik yang menguntungkan, tapi juga fitur-fitur yang menghadirkan program spesial untuk menjadi wadah kolaborasi dan solutif bagi semua pihak.
Secara khusus, melalui fitur Shopee Live, hadir sesi live shopping pada puncak kampanye yang dimeriahkan langsung oleh deretan artis papan atas secara bergantian. Mulai dari Ruben Onsu, Sarwendah, Raffi Ahmad, dr Richard Lee, Baim Wong, Nikita Mirzani, Atta Halilintar, Aurel Hermansyah, Lesti Kejora, dan Keanu Agl, serta para streamer atau konten kreator lainnya telah meramaikan sesi Shopee Live nonstop.
Sesi live shopping pada puncak kampanye ini, menawarkan berbagai kemeriahan, mulai dari hiburan, interaksi dengan penggemar, dan yang paling spesial menyediakan keuntungan bagi para pembeli dengan menghadirkan ragam pilihan produk, serta penawaran harga spesial dari mitra brand dan penjual yang ikut berpartisipasi pada sesi live tersebut.
Sepak terjang yang telah dilakukan oleh deretan nama artis di atas memang tak perlu diragukan lagi kehebatannya dalam menggaet penonton untuk meramaikan sesi Shopee Live di puncak kampanye 9.9 kemarin pada masing-masing akun tokonya. Sebut saja Sarwendah, Ruben Onsu, dan Aurel Hermansyah, gaya khas dalam berjualan live shopping menjadikannya sukses sebagai TOP Streamers pada puncak 9.9 Super Shopping Day.
Melihat keterampilan mereka yang membuat suasana live semakin seru, ketiganya pun sukses catatkan beberapa rekor baru pada puncak kampanye di Shopee Live, yaitu:
Sebagai salah satu streamer artis yang ikut memeriahkan puncak 9.9 kemarin, Ruben Onsu mengucapkan terima kasih kepada para followers dan pengguna Shopee karena telah meramaikan toko hingga beberapa barang habis terjual.
“Tak disangka-sangka, live shopping di Shopee Live pada puncak 9.9 kemarin sangat seru sekali. Terima kasih kepada para followers dan pengguna Shopee yang kemarin dengan semangat sudah meramaikan toko sampai beberapa barang sold out. Tapi keren banget sih, dalam semalam kemarin meraih omzet hingga Rp16 miliar dengan puluhan ribu produk terjual, ini di luar dugaan! Ngeliat promo dan diskon yang super besar, plus traffic yang tinggi, makin percaya diri nih buat meningkatkan terus performa toko @Ruben_Onsu di Shopee Live. Bagi pengguna yang belum kebagian, tunggu kejutan di sesi berikutnya!” tutur Ruben.
Pengaruh signifikan dari efektivitas live shopping tidak hanya dirasakan oleh para pembeli dan konten kreator. Interaksi dan komunikasi secara real-time juga memberikan dampak positif terhadap para penjual. Hal tersebut terlihat dari semakin banyaknya pelaku usaha yang turut mengoptimalkan Shopee Live di puncak kampanye sebagai strategi pemasarannya. Tercatat, peningkatan jumlah streamer seller hingga lima kali lipat.
Respons luar biasa dari para penonton live shopping di kampanye 9.9 memang turut mendukung peningkatan penjualan harian para pelaku usaha yang bergabung di Shopee Live. Salah satu contoh brand lokal yang menarik perhatian karena sukses mengoptimalkan peluang adalah brand kecantikan BHUMI. BHUMI berhasil meningkatkan transaksi penjualan di sepanjang kampanye 9.9 hingga mencapai 27 kali lipat berkat fitur interaktif, serta promo eksklusif yang tersedia di Shopee Live.
Selain itu, brand fashion pria Geoff Max juga menjadikan Shopee Live sebagai salah satu strategi bisnisnya di tahun ini. Sepanjang kampanye 9.9, Geoff Max berhasil mencatat peningkatan transaksi di Shopee Live hingga 130 kali lipat dibandingkan dengan hari biasa. Hal ini semakin menunjukan jika para pelaku usaha memang harus selalu mengikuti perkembangan tren, serta inovasi terkini yang mampu memberikan peluang-peluang baru, seperti fitur Shopee Live.
Owner Geoff Max pun menyampaikan apresiasinya akan peluang yang dihadirkan fitur Shopee Live untuk brand-nya,
"Sejak awal Geoff Max bergabung dengan Shopee, kami merasa bahwa berbagai program dan fitur yang disediakan adalah bentuk dukungan yang berarti bagi pertumbuhan bisnis kami. Terutama, kehadiran Shopee Live telah membantu kami memberikan pelayanan yang lebih personal, interaktif, dan informatif kepada konsumen," tuturnya.
Pihaknya juga mengatakan bahwa terdapat peningkatan transaksi yang pesat melalui Shopee Live saat kampanye 9.9 Super Shopping Day.
"Hal ini tercermin dalam peningkatan transaksi yang sangat pesat melalui Shopee Live sepanjang kampanye 9.9 Super Shopping Day kemarin. Di puncak kampanye sendiri, kami berhasil mencapai peningkatan transaksi 130 kali lipat. Kami berharap bahwa Shopee akan senantiasa menjadi platform yang mendukung brand lokal, seperti Geoff Max untuk memperluas pasar dan mengoptimalkan bisnis melalui fitur-fitur inovatif lainnya," ucap Owner Geoff Max.
Kelengkapan Produk Hingga Banyaknya Peluang yang Dimanfaatkan Pengguna
Periode menuju akhir tahun memang dikenal sebagai momen berbelanja untuk berbagai kebutuhan baik untuk diri sendiri maupun keluarga. Menjadi teman setia sekaligus memberikan solusi kepada pengguna, Shopee 9.9 Super Shopping Day menghadirkan kelengkapan produk variatif dari berbagai kategori yang menjadi motivasi masyarakat untuk semakin semangat berburu berbagai produk incarannya.
Beauty, Home and Living, serta Fashion menjadi tiga kategori teratas favorit pengguna selama kampanye 9.9 berlangsung. Fashion and Beauty sendiri merupakan dua kategori yang kerap menempati podium teratas dalam indikator kategori yang paling dicari di Shopee. Jam tangan, sweater, dan legging menjadi produk fashion yang paling banyak dibeli.
Sedangkan pada kategori kecantikan, 9.9 tahun ini mencatatkan moisturizer, body wash, dan face mask menjadi produk yang paling diminati oleh pengguna. Selain itu, daya tarik terhadap kategori Home and Living juga semakin meningkat. Kebutuhan bervariasi dan keinginan memiliki rumah yang nyaman untuk keluarga, membuat kategori ini juga menjadi incaran pengguna. Selimut, rak penyimpanan, dan handuk menjadi tiga produk paling dicari demi bisa menciptakan tempat tinggal yang menyenangkan.
Di sisi lain, Shopee juga melihat permintaan akan kebutuhan yang beragam dan promo menguntungkan juga menjadi aspek dalam meningkatkan ketertarikan para pengguna di luar kota non-metropolitan untuk memanfaatkan momen kampanye 9.9 Super Shopping Day.
Hal ini dapat dilihat dari tingginya jumlah pengiriman yang memanfaatkan Gratis Ongkir RP0 pada puncak kampanye, dengan pengiriman terjauh dari Jayapura (Papua) ke Medan (Sumatera Utara) dengan jarak kurang lebih mencapai 7000 km.
Pengaruh daya tarik yang tinggi terhadap tiga kategori tersebut dipengaruhi oleh semakin banyaknya pengguna Shopee yang memanfaatkan peluang baru, yaitu Shopee Affiliate Program untuk mendapatkan keuntungan tambahan. Pada puncak kampanye 9.9, tercatat produk yang dipromosikan melalui link affiliate meningkat hingga 10 kali lipat dibandingkan hari biasa.
Di samping itu, para pengguna juga memanfaatkan sederet promo super di kampanye ShopeeFood 9.9 Super Duper Kenyang untuk memesan berbagai cemilan sebagai asupan tambahan selain menu sarapan, makan siang, dan makan malam. Aneka cemilan populer yang paling banyak dipesan selama kampanye ShopeeFood 9.9 berlangsung adalah martabak, pempek, dan ayam fillet krispi.
Antusiasme pengguna juga terlihat dalam kampanye ShopeePay DUAR (Dobel Untung Besar) 9.9 yang hadir dengan penawaran menarik saat bertransaksi menggunakan QRIS dengan sumber dana ShopeePay atau SPayLater di merchant offline dan online.
Tercatat, Malang, Sleman, dan Palembang termasuk ke dalam kota-kota non metropolitan dengan antusiasme tinggi yang memanfaatkan voucher promo ShopeePay DUAR 9.9 di dalam fitur ShopeePay Sekitarmu. Sedangkan kategori yang paling banyak dibeli menggunakan QRIS ShopeePay ataupun SPayLater adalah belanja kebutuhan harian, makanan dan minuman, pembayaran parkir, serta fashion.
“Kami harap, dimulainya festival belanja akhir tahun oleh kampanye 9.9 Super Shopping Day yang berhasil mencatatkan pencapaian baik ini dapat menjadi dorongan bagi kami untuk memberikan lebih banyak dukungan dan manfaat bagi seluruh ekosistem Shopee,” kata Monica.
Unduh aplikasi Shopee secara gratis di App Store atau Google Play Store, dan aktifkan ShopeePay untuk pengalaman belanja lebih nyaman dan praktis.
Editor: Rizqa Leony Putri