Pecahkan Rekor Penjualan, Begini Cerita 3 Kreator Gabung di Live Shopping TikTok Shop
JAKARTA, iNews.id - TikTok Shop yang saat ini tengah melejit namanya terus memperkuat komitmen untuk memberikan pengalaman berbelanja yang berbeda kepada para penggunanya. Lantaran, TikTok Shop memiliki konsep yang menggabungkan aktivitas hiburan dan perdagangan, termasuk tren live shopping yang sedang naik daun di kalangan para pembeli dan penjual.
Dengan konsep tersebut, para pelanggan TikTok Shop merasakan sensasi berbelanja yang berbeda, yakni menghibur, sekaligus aman dan nyaman. Tidak hanya untuk komunitasnya, namun juga merchant dan kreator TikTok di seluruh Indonesia.
Tak heran, jika data internal TikTok Shop mencatatkan 1 dari 3 pengguna TikTok pernah membeli produk di TikTok Shop. Fitur Live Shopping juga menjadi fitur favorit konsumen untuk melakukan transaksi berkat adanya interaksi real-time dengan para merchants, apalagi dibalur dengan konsep Shoppertainment.
Ternyata, kehadiran fitur live shopping ini tidak hanya membantu para kreator untuk membangun hubungan dengan para audien, tapi juga membuka peluang baru bagi mereka untuk mencari penghasilan tambahan sebagai affiliate. Baru-baru ini, tiga kreator TikTok bahkan berhasil memecahkan rekor penjualan tertinggi dalam live shopping di TikTok Shop. Siapa saja ketiga orang tersebut? Yuk, simak kisah sukses dan tips yang mereka bagikan!
Pecahkan Rekor Penjualan Tertinggi lewat Live Shopping TikTok Shop, dr Richard Lee Jadi #RajaKreatorKecantikan

dr Richard Lee (@drrichardlee) adalah seorang dokter kelahiran Medan yang aktif memberikan edukasi dan ulasan produk perawatan kecantikan. Baru-baru ini, dr. Richard mencetak rekor sebagai salah satu konten kreator teratas di Asia Tenggara yang sukses mendapatkan penjualan senilai Rp41 miliar dalam sesi live shopping selama 23 jam tanpa henti.
Sesi live shopping yang diadakan dalam rangka merayakan ulang tahun ke-10 dari brand kecantikannya, dr Richard Lee didukung oleh istrinya, dr Reni Effendi dan beberapa selebriti, seperti Inara Rusli, Inge Anugrah, dan Lady Nayoan Kjaernett pada 18 Agustus yang lalu.
"Untuk menjangkau lebih banyak pengguna di TikTok, kami melakukan live shopping selama 23 jam non stop secara bergantian dengan menghadirkan sesi live yang interaktif dan menarik. Pastinya, kami selalu senang ketika bisa memberikan product knowledge kepada penonton kami," ucap dr Richard Lee.
Keberhasilan dr Richard Lee menjadi bukti bahwa konsistensi dalam mengejar passion dapat membawa kebahagiaan hingga kesuksesan walaupun berasal dari keluarga kurang berkecukupan. Dia juga bertekad untuk membantu masyarakat Indonesia agar memahami tentang manfaat dari produk perawatan dan kecantikan melalui konten yang kreatif serta ulasan objektif.
Setelah bergabung dalam live shopping TikTok Shop pada Januari, dr. Richard Lee semakin memanfaatkan fitur TikTok dan berhasil masuk dalam daftar top 10 konten kreator dengan penjualan terbesar pada Juli setelah berpartisipasi dalam kampanye TikTok Shop.
#RatuAffiliate, Mami Louisse Kembali Pecahkan Rekor Penjualan dalam Satu Kali Sesi Live Shopping
Louisse Scarlett (@Louissescarlettfamily) atau yang dikenal sebagai Mami Louisse adalah kreator affiliate TikTok yang interaktif dan kreatif dalam mengemas kontennya, termasuk video singkat dan live. Dia berhasil memecahkan rekor penjualan produk lokal dengan nilai Rp45 miliar dalam satu hari di TikTok Shop. Keberhasilannya menjadikan Mami Louisse sebagai kreator pertama kali di Asia Tenggara dengan jumlah pesanan terbanyak dalam satu sesi live shopping, 232.400 pesanan!
Prestasi ini berhasil diraihnya pada acara live shopping "Gebrakan by Mami Louisse!" pada 29 Agustus 2023 kemarin yang berlangsung selama 26 jam bersama timnya secara bergantian, dan menampilkan produk kecantikan terbaik. Dalam pencapaiannya, Mami Louisse bekerja sama dengan beragam brand kecantikan lokal dan menawarkan diskon hingga 50 persen sampai bebas ongkir bagi seluruh pengguna.
“Mami nggak nyangka banget apa yang Mami lakukan bersama tim dan brand yang berkolaborasi bisa meraih pencapaian sebesar ini. Mami sangat senang ketika bisa menjawab pertanyaan dari pengguna TikTok yang butuh informasi akan produk-produk kecantikan dan perawatan diri mereka. Mami akan terus berkomitmen untuk mendapatkan harga terbaik untuk semua penonton setia Mami Louisse," ujarnya.
Namun, kesuksesan Mami Louisse tidak diperoleh dengan mudah. Awalnya, Mami Louisse bergabung dengan TikTok sebagai pengguna untuk mengunggah video kesehariannya tentang informasi parenting dan perjalanan pemulihan anaknya yang didiagnosa pneumonia dan laringomalasia. Tak ada kata menyerah dan tidak mudah puas menjadi hal yang selalu Mami Louisse sampaikan.
Dia tertarik untuk bergabung di TikTok Shop dengan tujuan untuk mendukung brand lokal, khususnya produk kecantikan yang berkualitas agar lebih dikenal. Semua usaha yang telah dilakukan Mami Louisse membawa dirinya menjadi semakin digemari masyarakat Indonesia dan membuahkan jumlah followers akun TikTok-nya hingga 6,9 juta.
Kini, Mami Louisse terus mengembangkan kreativitasnya, salah satunya adalah dengan selalu memasukkan segmen interaktif dengan para pengguna TikTok yang menonton.
Sukses Raih Penjualan Rp21 Miliar di Live Shopping, Gelar #RajaElektronik Diberikan kepada Kohcun

Tidak kalah menarik, kreator affiliate Kohcun (@kohcun) juga ikut menjadi inspirasi kreator lainnya melalui live shopping di TikTok Shop.
Dalam momentum menyambut Hari Kemerdekaan kemarin, Kohcun mengadakan sesi live spesial yang mengusung tema "Hak Istimewa Warga Kohcun". Pada sesi tersebut dia beserta timnya memamerkan produk-produk unggulan, seperti smartphone, aksesoris elektronik, peralatan rumah tangga, dan lainnya dengan memberikan diskon hingga 80 persen dan gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia selama 24 jam penuh.
Hasilnya, Kohcun berhasil meraih penghasilan terbesar yang pernah diperoleh kreator affiliate di kategori Elektronik, yakni sebesar Rp21 miliar.
"Saya tidak pernah menyangka bahwa melalui TikTok Shop, saya bisa menjadi orang yang bermanfaat bagi masyarakat Indonesia untuk mereka bisa mendapatkan produk elektronik terbaik. Saya juga sangat mengapresiasi seluruh tim yang bergantian selama live streaming ini hingga kita berhasil mencapai prestasi ini," kata Kohcun.
Berawal dari ketertarikannya dalam dunia elektronik, khususnya smartphone, membuat Pria yang pernah bekerja sebagai penjaga counter handphone di Kota Pematang Siantar ini mulai membuat konten video ulasan untuk memberikan edukasi dengan cara yang mudah dipahami.
Sejalan dengan perkembangan TikTok Shop, Kohcun pun tertarik untuk bergabung pada e-commerce yang terintegrasi dengan TikTok pada 2021. Kohcun menjadi angkatan pertama kreator affiliate di TikTok Shop yang berhasil meningkatkan penjualannya melalui interaksi langsung di shopping live dengan penonton yang dikenal sebagai Warga Kohcun.
Dengan kenyamanan yang diberikan kepada para penggunanya menjadi wujud komitmen TikTok Shop untuk terus memberikan dukungan komprehensif kepada para pedagang, termasuk UMKM lokal, mulai dari orientasi, inkubasi, hingga berbagai program yang berkontribusi pada pertumbuhan bisnis mereka. Yuk, ketahui lebih lanjut mengenai TikTok Shop dengan mengakses website TikTok Shop Indonesia di https://shop.tiktok.com/merchant/id.
Editor: Anindita Trinoviana