Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Raperda Kawasan Tanpa Rokok Tuai Pro Kontra, Pedagang Terancam Turun Omzet
Advertisement . Scroll to see content

Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo Apresiasi UMKM Naik Kelas Jualan di Lokasi Premium

Jumat, 08 April 2022 - 23:25:00 WIB
Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo Apresiasi UMKM Naik Kelas Jualan di Lokasi Premium
UMKM mulai bangkit dan berjualan di lokasi premium (Foto: Kemenparekraf)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Dalam rangka membangkitkan kembali sektor ekonomi kreatif, pelaku usaha UMKM perlahan bangkit. Hal tersebut dibuktikan oleh pelaku UMKM dengan berjualan di lokasi premium.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo mengapresiasi keberhasilan UMKM yang mampu "naik kelas" dengan menjual produk-produknya di lokasi premium.

Saat menghadiri Pembukaan Gerakan UMKM dan Food Court Ramadan bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan di Gedung Sopo Del Tower, Mega Kuningan, Jakarta, Kamis (7/4/2022), Angela mengatakan, pemilihan lokasi gedung yang merupakan area perkantoran premium ini merupakan langkah awal untuk menjadikan UMKM naik ke taraf yang lebih baik dari sisi pemasaran maupun penjualan. 

"Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sangat mengapresiasi kolaborasi dari Yayasan Del dan juga dari Kaya.id yang telah memamerkan banyak karya UMKM di tempat yang premium ini. Jadi ini betul-betul seperti Pak Teten (Teten Masduki, Menteri Koperasi dan UKM) bilang menaikkan kelas dari teman-teman UMKM kita," kata Angela.

Menurut Angela, dengan adanya pameran UMKM di lokasi premium seperti area perkantoran ini, bisa meningkatkan akses pemasaran bagi produk UMKM. Maka, produk UMKM lokal tidak lagi dipandang sebelah mata oleh masyarakat.

Angela menjelaskan pameran ini digagas oleh Yayasan Del dan Kaya.id, perusahaan inkubator bisnis dan branding bagi UMKM Indonesia. Di mana, pameran ini diikuti oleh 60 UMKM dari subsektor kuliner, fesyen, dan juga komoditas. 

Mereka berpartisipasi dengan menjadi tenant di area food court di Sopo Del Tower dan di area bazaar Ramadan di lantai dasar. Selain itu, ada pula area Pasar Kaya Hampers yang menawarkan berbagai macam hampers dan parsel berisikan produk-produk UMKM yang telah dikurasi oleh Kaya.id.

"Kerja sama dan kolaborasi Yayasan Del, Sopo Del Tower, dan Kaya.id tidak hanya terus memperkaya ekosistem pemasaran UMKM Indonesia, juga dapat mendukung program pemerintah dalam memulihkan perekonomian Indonesia. Kerja sama ini berlangsung selama tiga tahun sehingga memberikan cukup waktu bagi para UMKM untuk mengembangkan bisnisnya," kata Angela.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B Pandjaitan mengatakan, pemerintah sedang menggalakkan semua buatan dari dalam negeri.

"Oleh sebab itu, kita tuntun dari bawah untuk ini dengan sejalan pemerintah mengucurkan Rp400 triliun lebih untuk pembelian e-katalog, sehingga menciptakan lapangan kerja salah satunya seperti ini (UMKM). UMKM ini nantinya yang akan jadi backbone ekonomi kita,” ujar Menko Luhut.

Luhut menambahkan, bazaar ini nantinya akan diselenggarakan selama 4 kali dalam setahun di Sopo Del. "Kolaborasi Kaya.id akan dibikin sekitar 4 kali setahun, tujuannya membangunkan UMKM selama dan sekuat mungkin. Apalagi ini sekarang saya kira penanganan Covid-19 lebih terkendali sehingga ini bisa meningkatkan pasar. Oleh sebab itu, saya terus mengajak mari kita bangga menggunakan buatan Indonesia,” ujar Luhut.

Sementara itu, Ceo Kaya.id Junita Kartikasari merasa bangga dan berkomitmen untuk terus mengembangkan UMKM melalui kerjasama dengan berbagai pihak.

"Kami senang dapat berkolaborasi dengan Yayasan Del dan Sopo Del Tower dalam mengembangkan UMKM. Melalui kolaborasi ini, ada banyak UMKM dapat merasakan menjadi tenant di food court perkantoran di area elit bisnis Mega Kuningan dan itu akan sangat membantu pertumbuhan bisnis mereka," ujar Junita.

Dia menambahkan, selain strategi offline dia juga mengembangkan penjualan online bersama para UMKM di gedung ini. Tanpa ada kepedulian dari Yayasan Del dan Sopo Del Tower, sulit bagi UMKM untuk dapat hadir di daerah premium Jakarta.

Kerjasama pengembangan UMKM yang dimulai di bulan Ramadan ini, telah berhasil menggandeng 60 UMKM di bidang makanan, minuman, pakaian dan juga komoditas.

Mereka berpartisipasi menjadi tenant di area food court di Sopo Del Tower dan di area bazaar Ramadan di lantai dasar. Ada pula area Pasar Kaya Hampers yang menawarkan berbagai macam hampers dan parsel berisikan produk-produk UMKM yang telah dikurasi oleh Kaya.id.

Editor: Vien Dimyati

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut