Wisata Belanja dengan Konsep Virtual Tour, Tren di Masa Pandemi
JAKARTA, iNews.id - Selama masa pandemi Covid-19, pergerakan masyarakat sangat terbatas. Keinginan untuk keluar rumah juga mulai berkurang. Tidak heran jika gaya hidup masyarakat yang serba online sudah menjadi hal biasa.
Bahkan, konsep virtual tour belakangan ini sedang tren, terutama di sektor pariwisata. Kemudian, konsep ini juga hadir di sektor perbelanjaan. Salah satunya Iuiga, startup asal Singapura yang menjual peralatan home living and personal care ini menghadirkan wisata belanja virtual tour.
William Firman, Managing Director Iuiga Indonesia mengatakan, melihat tingginya permintaan konsumen untuk kehadiran gerai di luar Jabodetabek, Iuiga menghadirkan fitur belanja virtual pertama di Indonesia.
"Fitur yang dinamakan virtual tour ini memungkinkan konsumen mengunjungi gerai Iuiga secara virtual selayaknya mengunjungi gerai fisik secara langsung," ujar William melalui keterangannya dikutip Minggu (28/11/2021).
Menurutnya, fitur virtual tour ini akan menghubungkan konsumen dengan virtual assistant yang telah disiapkan di setiap gerai Iuiga yang berada di Jabodetabek melalui video call.
Melalui fitur ini, konsumen dapat melihat dimensi produk secara langsung, cara penggunaan sampai dengan menanyakan pertanyaan apa pun seputar produk kepada virtual assistant atau sekadar jalan-jalan virtual di gerai Iuiga.
Virtual Assistant merupakan personel yang disiapkan untuk melayani konsumen yang ingin melakukan virtual tour. Virtual assistant yang tersedia di setiap gerai juga telah dilengkapi dengan sejumlah teknologi untuk memberikan pengalaman virtual tour yang terbaik bagi setiap konsumen
“Virtual tour merupakan inovasi teknologi terbaru dari Iuiga untuk menjawab kebutuhan pelanggan dalam melihat produk secara langsung sebelum membeli online. Pelanggan dapat melakukan virtual tour dari mana saja dan kapan saja mereka tanpa perlu repot datang ke toko, tanpa macet di jalan, tanpa membuang waktu dan biaya," kata William.
Selain itu, lanjutnya, virtual tour juga akan membantu pelanggan dalam mengambil keputusan sebelum membeli produk.
Dia menambahkan, virtual tour juga menjadi teknologi ketiga setelah self checkout dan self pick up. Sebelumnya, telah diperkenalkan teknologi self checkout yang memungkinkan konsumen melakukan pembayaran tanpa kasir, sedangkan self pick up akan memungkinkan konsumen untuk mengambil produk di gerai dari pembelian online.
Ketiga teknologi yang tersedia di lima gerai ini dapat diakses langsung oleh konsumen melalui aplikasi Iuiga baik di IOS ataupun Android. Adapun jam operasional virtual tour akan mengikuti jam operasional setiap gerai Iuiga.
“Virtual tour merupakan salah satu bentuk komitmen kami untuk terus menghadirkan inovasi teknologi dalam memberikan pengalaman berbelanja terbaik. Ke depannya, virtual tour juga akan kami hadirkan di seluruh gerai yang akan datang,” ujar William Firman.
Selain itu, Iuiga juga memberikan promo menarik bagi konsumen yang menggunakan fitur virtual tour berupa kode promo diskon 10% untuk pembelanjaan berikutnya. Kode promo ini akan diinformasikan oleh setiap virtual assistant di akhir video call dari virtual tour.
Editor: Vien Dimyati