Berkunjung ke Pantai Rancabuaya, Air Lautnya Punya 3 Warna

Riyandy Aristyo, Sindonews ยท Senin, 28 September 2020 - 16:57 WIB
Berkunjung ke Pantai Rancabuaya, Air Lautnya Punya 3 Warna

Pesona indahnya Pantai Rancabuaya. (Foto: Instagram @garutviews)

JAKARTA, iNews.id - Indonesia terkenal akan wisata pantainya. Salah satu pantai yang mulai naik daun adalah Pantai Rancabuaya yang terletak di Garut, Jawa Barat.

Nama Rancabuaya sudah masuk ke dalam ensiklopedia online yakni Wikipedia. Artinya, pantai ini sangat berpotensi populer di luar Indonesia.

Dikutip dari Sindonews, Senin (28/9/2020), ada seseorang nelayan sepuh berusia 91 tahun, melihat daerah tersebut dirimbuni pohon bertumbangan. Jadilah rawa (ranca) yang dihuni buaya-buaya sehingga dinamai Rancabuaya, Pantai Rancabuaya.

Hal yang menarik di Rancabuaya, selain keindahan pantai adalah air terjun yang menghadap ke pantai. Air terjun itu mengandung air tawar segar yang terjun dari ketinggian bukit yang terdapat di pantai ini.

Tak hanya itu, ada juga air laut yang memiliki tiga warna kontras. Jika dilihat dari dekat, air laut pantai ini sangat jernih sampai kedalaman dua meter masih terlihat jelas. Tapi jika dilihat dari udara, airnya memiliki tiga perpaduan warna, yakni putih, hijau dan biru tua.

Pengunjung cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp5.000 per orang saat weekday dan Rp10.000 untuk weekend. Harga tersebut sangat terjangkau untuk menikmati keindahan dan pesona pantai Rancabuaya yang memukau.

Pantai yang berlokasi di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut ini bisa dicapai melalui banyak jalur alternatif. Pengunjung bisa menggunakan angkutan umum ataupun kendaraan pribadi.

Editor : Tuty Ocktaviany