Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Bazar Fashion Locallove Tak Sekadar Surga Belanja Gen Z, tapi Wadah Edukasi!
Advertisement . Scroll to see content

Brand Fashion Lokal Kembali Eksis di Paris Trade Show, Kenalkan Koleksi Ramah Lingkungan

Jumat, 06 Oktober 2023 - 22:05:00 WIB
Brand Fashion Lokal Kembali Eksis di Paris Trade Show, Kenalkan Koleksi Ramah Lingkungan
Brand Fashion Lokal Kembali Eksis di Paris Trade Show (Foto: Ist)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Brand fashion Indonesia secara perlahan mulai dikenal pasar mode mancanegara. Hal tersebut terlihat dari keikutsertaan desainer muda Indonesia pada pameran bergengsi Premiere Classe Paris 2023.

Pameran yang diselenggarakan di Jardin Des Tuileries, Paris ini sekaligus menjadi ajang bagi fashion lokal semakin mendunia. Keikutsertaan talenta muda ini menandai partisipasi kedua Pintu Incubator di Premiere Classe yang diselenggarakan pada 29 September hingga 2 Oktober 2023, di Jardin Des Tuileries, Paris.

Sebelumnya, Pintu Incubator memperkenalkan empat bakat mode Indonesia yang sedang berkembang ke panggung global. Kali ini sorotan jatuh pada dua bakat mode muda yang luar biasa, yaitu Bertjorak dan Fuguku.

Perlu diketahui, Pintu Incubator merupakan platform bilateral yang visioner, memberdayakan kreatif muda dan UMKM di bisnis fashion Indonesia dan Prancis. Pintu Incubator di inisiasi oleh JF3, Lakon Indonesia, dan Kedutaan Besar Prancis di Indonesia melalui Institut Francais d'Indonesie (IFI). 

Fabien Penone, Duta Besar Prancis untuk Indonesia, sangat senang melihat perluasan program ini. Menurutnya, Pintu Incubator menekankan peran penting di bidang seni dan kreativitas dalam memupuk persahabatan dan pemahaman bersama antara Indonesia dan Prancis. 

"Salah satu kekuatan utama program ini terletak dalam koneksi ke berbagai mitra di kedua sisi," kata Fabien, melalui keterangannya belum lama ini.

Thresia Mareta, Pendiri Lakon Indonesia dan co-inisiator Pintu Incubator mengatakan, program Pintu 2023 mendapatkan banyak antusiasme dan apresiasi positif dari berbagai pihak. "Melalui kolaborasi dengan Kedutaan Besar Prancis melalui Institut Francais Indonesia (IFI), kami berharap dapat meningkatkan fashion Indonesia dan mendorong Indonesia menjadi bagian dari ekosistem global sehingga dapat membuka peluang yang lebih besar bagi banyak pelaku secara luas," kata Theresia.

Sementara itu, Soegianto Nagaria, Ketua JF3 sekaligus co-inisiator Pintu Incubator mengatakan, JF3 secara konsisten mendukung dan memberdayakan SME lokal selama hampir 20 tahun, termasuk melalui program Pintu Incubator. "Bermitra dengan organisasi terkemuka dan Kedutaan Besar Prancis, kami menawarkan peluang bagi brand lokal untuk memiliki kesempatan memperluas wawasan pasar mode global, dan pada saat yang bersamaan, kita bisa saling mempromosikan karya dan sekaligus memperkenalkan pengrajin, pelaku UMKM mode Indonesia kepada para pelaku mode dari Prancis," ujar Soegianto.

Kenalkan Sustainable Fashion

Dua brand berbakat yang eksis di Premiere Classe Paris 2023 adalah Bertjorak dan Fuguku. Bertjorak, menghadirkan keceriaan budaya Indonesia dalam desain eklektik yang memancarkan energi positif sambil mencerminkan keunikan. Dimulai di Bandung pada 2020, Bertjorak memperkenalkan busana siap pakai modern untuk perempuan dan pria (uniseks). Karyanya hadir dalam warna-warna eksentrik dengan filosofi penyebaran energi positif di antara penggemar mode dan masyarakat umum.

Dalam pembuatan semua produk, Bertjorak secara konsisten melakukan penelitian dan eksplorasi berdasarkan tren terkini. Untuk koleksi baru yang diberi nama "Captcha," Bertjorak mempersembahkan koleksi 12 potong, menggabungkan spektrum warna dan pola yang lebih luas yang terinspirasi oleh gangguan internet kontemporer. Koleksi ini menggunakan bahan yang sepenuhnya berkelanjutan seperti katun dan kancing yang terbuat dari botol plastik daur ulang.

Selain itu ada Fuguku, yang dibuat oleh para pengrajin berbakat di Jakarta, menampilkan produk-produk kontemporer yang berinovasi dengan menggunakan botol plastik bekas daur ulang. Fuguku memasuki panggung mode Indonesia pada 2022, dengan filosofi dan desain yang mengambil inspirasi dari ikan buntal, yang dalam bahasa Jepang disebut "fugu". Kain Fuguku dibuat secara manual dengan inovasi berdasarkan teknik jumputan tradisional Indonesia - teknik pengikatan kain. 

Dengan memanfaatkan bahan botol daur ulang PRET, desain Fuguku memberikan dampak positif pada lingkungan. Koleksi musim semi/musim panas 2024 ini mengambil inspirasi dari bentuk dan warna laut serta simbolisasi tentang hal-hal yang tidak diketahui. Diberi judul "The Deep Sea," koleksi ini terdiri dari 12 tampilan dan juga menjadi metafora bagi pemikiran mendalam yang dialami oleh semua orang. 

Selain dua merek yang berpartisipasi dan lolos dalam kurasi terbaru, ada alumnus dari program Pintu Incubator 2022, Apakabar, yang kembali untuk kedua kalinya. Brand fashion ini memperkenalkan "Gentra," dengan menampilkan 12 potongan dari koleksi ini, sebagai "Suara Alam Semesta." 

Dalam pameran tersebut, Lakon Indonesia juga kembali mengenal fashion lokal yang unik. Lakon Indonesia yang lebih mapan juga memamerkan koleksi terbarunya, "RIK 062324 L" di Premiere Classe. Ada 37 koleksi dengan Kain Lurik sebagai fokus utama untuk memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia. Daya tarik Lurik tidak hanya terletak pada pola-pola yang memukau tetapi juga pada simbolisme yang dibawanya yaitu sebagai perlindungan dan persatuan.

Editor: Vien Dimyati

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut