Dampak Virus Korona Buat Sektor Pariwisata Singapura Menurun

Riyandy Aristyo ยท Rabu, 12 Februari 2020 - 13:06 WIB
Dampak Virus Korona Buat Sektor Pariwisata Singapura Menurun

Dampak virus Korona membuat wistawan ke Singapura menurun. (Foto: Instagram).

SINGAPURA, iNews.id - Dampak virus korona mulai merembet ke sektor pariwisata Singapura. Badan Otoritas Pariwisata Singapura memprediksi jumlah wisatawan ke Singapura menurun 25 persen hingga 30 persen.

Dikutip dari Bloomberg, Rabu (12/2/2020), Kepala Eksekutif Singapore Tourism Board, Keith Tan menyatakan, Singapura kehilangan 18.000 sampai 20.000 wisatawan per hari dan kemungkinan bakal meningkat jika situasinya semakin buruk.

"Seruan yang saya dengar adalah selamatkan seluruh industri pariwisata. Ada banyak bukti bisnis pariwisata sepi, namun, tak mengherankan berapa banyak kontribusi China yang mendatangkan banyak turis ke Singapura," ujar Tan.

Seperti diketahui, China menyumbangkan 20 persen wisatawan yang datang ke Singapura. Angka tersebut bahkan lebih besar dibandingkan Indonesia dan India.

"Kami mempunyai pemandu wisata lebih dari 1.600 orang yang siap menemani wisatawan dalam bahasa Mandarin. Karena dampak ini, mata pencaharian mereka terganggu karena banyak dari mereka adalah pekerja lepas," ujar Tan.

Tak hanya itu, akibat masalah ini juga Singapura menaikkan status kewaspadaan virus korona dari kuning menjadi orange yang artinya sangat serius dan berdampak luas pada kesehatan publik.


Editor : Adhityo Fajar