F1 Powerboat Berkontribusi terhadap Ekonomi dan Kenalkan Danau Toba ke Mata Dunia
JAKARTA, iNews.id - Ajang internasional F1 Powerboat F1H2O berjalan sukses di Danau Toba. Dengan kesuksesan ini, diharapkan Danau Toba dapat dikenal hingga mancanegara.
Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, ajang balap kapal cepat ini memberikan kontribusi ekonomi dan juga menjadi fasilitas untuk memperkenalkan Danau Toba ke mata dunia dan membangkitkan pariwisata di Indonesia, pasca pandemi Covid-19.
"Dari laporan yang saya dapat, kita akan ditonton lebih dari 18 juta orang. Tidak pernah terbayangkan Danau Toba akan dilihat live oleh 18 juta penonton," ujar Luhut belum lama ini.
Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan ajang F1 PowerBoat di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba, Sumatera Utara, membuktikan Danau Toba cocok untuk menjadi lokasi berbagai event internasional.
"Pelaksanaan event ini menandai kesiapan Danau Toba. Jadi kalau ada yang menyangsikan Danau Toba sebagai host event kelas dunia maka (asumsi) ini sudah bisa kita patahkan," kata Menparekraf Sandiaga dalam konferensi pers usai bermain race F1PowerBoat di Media Center F1PowerBoat yang berada di Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu, Balige, Minggu (26/2/2023).
Sandiaga mengatakan dengan dilaksanakannya F1PowerBoat di Danau Toba juga membuktikan Danau Toba mampu mengedepankan konsep keberlanjutan lingkungan. Selain itu pelaksanaan F1PowerBoat ini juga berhasil menggerakkan perekonomian masyarakat di sekitar kawasan Danau Toba, khususnya di Balige.
Menariknya, F1 Powerboat sekaligus menjadi tonggak sejarah kebangkitan produk lokal Indonesia di kancah olahraga level dunia.
PT Mayora Indah Tbk sebagai official sponsor melalui Kopiko pocket coffee dan Kopiko Lucky Day (botol kemasan) turut menyemarakkan ajang olahraga bergengsi ini. Kedua produk lokal ini telah dikenal menjadi pilihan untuk membantu meningkatkan fokus dan energi.
Produk lokal, di balapan perahu cepat ini sangat digemari untuk membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus untuk mencapai performa serta prestasi maksimal sangat diperlukan. Menariknya lagi, terlihat pada event ini, selain para penonton, ternyata Kopiko Lucky Day pada kompetisi penuh tantangan ini disukai pula oleh para peserta dari luar negeri. Dengan paduan sempurna antara kopi dan susu yang creamy, Kopiko Lucky Day sudah menembus pasar internasional. Cocok dengan cita rasa penikmat kopi mancanegara.
"Merupakan kebanggaan bagi kami bisa dikenal di komunitas olahraga mancanegara. Melalui ajang Kopiko F1 Powerboat 2023 ini, kami bisa melihat bagaimana Kopiko Lucky Day disukai oleh pendatang mancanegara, ini menambah keyakinan kami produk Indonesia yang inovatif bisa bersaing di pasar," ujar Yuna Eka Kristina selaku Head of Public Relations Kopiko Lucky Day melalui keterangan.
Editor: Vien Dimyati