Gimana Cara Hotel Mendapatkan Bintang? Ternyata Tidak Sembarangan!
JAKARTA, iNews.id - Gimana cara hotel mendapatkan bintang? Sebagaimana yang telah diketahui bahwa bintang memang umum digunakan untuk menyebut peringkat sebuah hotel.
Awalnya, sistem peringkat pada hotel ini pertama kali dilakukan oleh Forbes Travel Guide pada tahun 1950-an. Untuk mendapatkan bintang tertentu, terdapat kriteria yang harus dipenuhi oleh sebuah hotel.
Adapun kriteria yang dimaksud, seperti dikutip iNews.id dari situs IDXchannel.com pada Rabu (1/2/2023). adalah sebagai berikut.
Hotel yang mendapatkan bintang satu memiliki fasilitas yang standar untuk tamu. Biasanya, hotel tersebut hanya mempunyai kurang lebih 15 kamar dengan luas minimal 20 meter persegi.
Tak hanya itu, kamar hotel bintang satu tidak menawarkan layanan housekeeping, TV, ataupun telepon. Bahkan untuk mendapatkan makanan dan minuman, tamu harus pergi ke luar.
Hotel bintang dua menawarkan fasilitas yang tentu saja lebih baik dari bintang satu. Setidaknya ada 20 kamar standar dengan luas minimal 22 meter persegi.
Dalam kamar tersebut, terdapat fasilitas berupa kamar mandi, telepon, dan TV. Selain itu, terdapat pula 1 kamar suite dengan luas minimal 44 meter persegi.
Saat mengunjungi hotel bintang tiga, Anda akan menemukan setidaknya 30 kamar standar dengan luas minimal 24 meter persegi. Selain itu, minimal terdapat 2 kamar suite.
Di semua kamar, terdapat fasilitas berupa kamar mandi dalam, telepon, TV, dan AC. Tamu juga akan dimanjakan dengan fasilitas olahraga, restoran dan bar, hingga rekreasi.
Terdapat setidaknya 50 kamar pada hotel bintang empat dengan luas minimal 24 meter persegi. Selain itu, ada juga paling tidak 3 kamar suite.
Di dalam kamar terdapat fasilitas berupa AC, TV, AC, dan kamar mandi dalam dengan pemanas air. Hotel juga dilengkapi dengan lobby dengan luas minimal 100 meter persegi, fasilitas olahraga, restoran, hingga rekreasi.
Sebagaimana yang telah diketahui, hotel yang mendapatkan bintang lima tentu memiliki fasilitas yang paling mewah dari semua hotel. Setidaknya terdapat 100 kamar dan 4 kamar suite.
Fasilitas di dalam kamar berupa telepon, TV, AC, hingga kamar mandi dengan instalasi air panas dan dingin. Sementara itu, tamu akan dimanjakan dengan area lobby yang sangat luas, fasilitas olahraga, rekreasi, restoran, rest area, toilet umum, serta bar.
Terdapat pula concierge staff dan room service selama 24 jam yang dapat dinikmati oleh tamu.
Editor: Komaruddin Bagja