Hari Batik Nasional, Angela Tanoesoedibjo Ajak Generasi Muda Cinta Negeri lewat Ekraf  

Siska Permata Sari · Sabtu, 02 Oktober 2021 - 11:52:00 WIB
Hari Batik Nasional, Angela Tanoesoedibjo Ajak Generasi Muda Cinta Negeri lewat Ekraf  
Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo sebut batik menjadi life culture kekinian (Foto: MNC Media)

JAKARTA, iNews.id - Tepat pada 2 Oktober 2009, UNESCO menetapkan batik sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbenda. Sejak saat itu Indonesia memperingati tanggal tersebut sebagai Hari Batik Nasional. Bahkan, sesuai perkembangan zaman, batik menjadi life culture.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo mengatakan, kini batik telah menjadi life culture kekinian. Generasi muda dengan sentuhan desain kreatif atau kolaborasi menjadikan batik mengena pula di hati mereka.

"Busana atau feysen Batik telah begitu melekat sebagai identitas masyarakat dan bangsa Indonesia. Kesan busana formal dan adat yang semula melekat kuat pada Batik, telah membaur dan melebur dengan ekonomi kreatif sehingga pasarnya lebih luas dan beragam usia serta kalangan," ujar Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo.
 
Menurut Angela, Hari Batik pada 2021 menjadi momentum yang tepat untuk lebih memperkental rasa cinta produk fesyen nasional. Hal ini sejalan dengan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang dituangkan dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 15 Tahun 2021 yang ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 8 September 2021. 

Editor : Vien Dimyati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: