Intip Kreativitas Konten Kreator Edukasi Pencegahan Covid-19 lewat Karya Digital
JAKARTA, iNews.id - Ada banyak cara yang dilakukan untuk mencegah penularan virus Corona di masyarakat. Selain kampanye yang dilakukan oleh pemerintah, kini anak muda yang juga konten kreator juga turut andil berkampanye melakukan pencegahan Covid-19.
Menariknya para anak muda ini melakukan kampanye dengan menggunakan karya digital dan bisa diterapkan sehari-hari. Kampanye ini digelar oleh Daewoong Pharmaceutical Company Indonesia (DPCI) dan bertujuan untuk mengedukasi secara digital melalui program 'Daewoong Social Impactor'.
Sengho Jeon, CEO Daewoong Pharmaceutical mengatakan, Daewoong Social Impactor adalah program duta mahasiswa oleh DPCI, di mana 15 finalis menjalankan misi untuk mempromosikan beragam isu kesehatan di Indonesia kepada publik melalui produksi konten yang kreatif.
DPCI meluncurkan misi pertamanya, "Covid-19 Cheer Up Challenge" dan mengumumkan kampanye digital yang menyoroti tips mencegah Covid-19, serta tips hidup sehat di kehidupan sehari-hari. Misi tersebut diberikan kepada para finalis Daewoong Social Impactor melalui acara pembukaan yang diadakan pada April lalu.
"Seiring pandemi yang terus berlanjut di seluruh dunia, metode untuk mencegah penyakit dan merawat kesehatan menghadapi risiko Covid-19 beranjak penting dan mengundang perhatian publik," kata Sengho Jeon melalui keterangan tertulisnya belum lama ini.
Misi pertama diselenggarakan untuk mempromosikan tips hidup sehat yang dapat dengan mudah dipraktikkan siapa pun dalam kehidupan sehari-hari di era pandemi.
Para finalis Daewoong Social Impactor ditantang untuk memproduksi sejumlah konten video dan gambar sesuai tema misi pertama tersebut melalui pendekatan yang lebih familiar dan edukatif.
Program ini memilih dan memberi penghargaan untuk konten terbaik yang paling banyak menarik perhatian publik untuk setiap misi.
Pada 22 Mei, penghargaan ini diberikan kepada dua finalis Daewoong Social Impactor dengan konten yang luar biasa, melalui konferensi video online. Para pemenang mendapatkan beasiswa khusus, serta kesempatan untuk mempromosikan konten melalui iklan online.
Para finalis Daewoong Social Impactor memproduksi total 60 video dan 120 foto dalam upayanya menyelesaikan empat misi dengan topik berbeda.
Sengho Jeon, mengatakan dia berharap konten yang dibuat oleh mahasiswa melalui kampanye Covid-19 Cheer Up dapat membantu masyarakat Indonesia untuk lebih mudah memahami dan menjalankan langkah-langkah pencegahan Covid-19.
"Kami menanti beragam kreasi dan aktivitas menarik dari para finalis dalam menjalankan misi yang diberikan sesuai dengan slogan program Pikiran Positif Awal Hidup Sehat," ujarnya.
Editor: Vien Dimyati