Jelajahi Pesona Karang di Pantai Bekung Malang, Mirip Kolam Alami

Vien Dimyati ยท Rabu, 23 Januari 2019 - 09:54 WIB
Jelajahi Pesona Karang di Pantai Bekung Malang, Mirip Kolam Alami

Pesona Pantai Bekung Malang. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Bagi traveler penggemar wisata pantai, Kota Malang bisa jadi referensi untuk dikunjungi. Pasalnya, banyak sekali pantai indah dan eksotis di kota ini. 

Salah satunya, Pantai Batu Bengkung. Pantai satu ini menawarkan pemandangan yang indah dengan dominasi batuan karang.

Batuan karang ini berubah secara alami menjadi kolam-kolam yang unik. Ketika air surut, traveler bisa bermain air di kolam alami ini. Dikelilingi birunya air samudera Indonesia.

"Terletak di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Pantai Batu Bengkung menyimpan keunikan tersendiri dibanding pantai lainnya yang ada di Malang Selatan. Deretan batu karang dan cekungan kolam yang terbentuk alami, menambah pesona keunikan dari Pantai Batu Bengkung di Malang. Ditambah panorama senja yang cantik membuat kita betah berlama-lama di pantai ini," tulis Instagram @Pesonaid_Travel, Rabu (23/1/2019).

Pantai ini merupakan sebuah tanjung, yaitu daratan yang menjorok ke laut. Letaknya berada Bukit Bengkung, luas areanya mencapai empat hektare dengan panjang pantai sekitar 300 meter. Lokasi Pantai Batu Bengkung juga berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, sehingga ombak besar yang menghantam karang akan mudah ditemukan di sini.

Deretan karang yang membentang di sepanjang pantai kian mempercantik Pantai Batu Bengkung. Pada waktu tertentu, ombak ganas sering kali menghantam deretan karang di sepanjang pantai, sehingga, air laut yang melewati karang akan terjebak di cekungan karang. Kondisi ini justru membuat cekungan mulai terisi air layaknya kolam. Sayangnya, kolam ini hanya akan muncul saat air laut pasang. Saat air laut surut, kolam alami ini juga ikut surut. 

Batu karang yang terbentuk secara alami ini yang menjadi keunikan dan daya tarik tersendiri. Ketika laut surut, traveler dapat bermain pasir atau sekadar berjemur di pinggir pantai. Menikmati pemandangan laut tentu jadi aktivitas favorit. Birunya air laut Samudera Hindia seolah menghipnotis setiap pengunjung yang datang.

Asal usul namanya juga berasal dari batu karang tersebut. Masyarakat sekitar menyebutnya Batu Bengkung, yaitu batu karang yang melengkung. Istilahnya menyerupai wanita yang sedang dibengkung. Bengkung merupakan tradisi wanita Jawa yang menggunakan stagen setelah melahirkan agar perut kembali ramping.

Jika ingin menikmati pemandangan pantai yang lebih utuh, traveler bisa naik ke bukit Bengkung. Namun untuk mencapai bukit harus memanjat tebing dengan kemiringan 90 derajat. Di sana juga tersedia tali panjang yang akan memudahkan naik ke atas bukit. Agar lebih aman, sebaiknya gunakan sandal gunung yang nyaman. Dari atas bukit, keindahan Batu Bengkung dengan daratan yang menjorok ke laut akan semkain mudah terlihat. Searah mata memandang laut lepas berwarna biru semakin menyempurnakan keindahan Batu Bengkung.

Belum puas menikmati keindahan Batu Bengkung, cobalah menikmati senja di sore hari. Pantai Batu Bengkung akan menyajikan pemandangan matahari terbenam yang tidak didapatkan dari pantai lainnya. Bila menyukai fotografi, momen ini tentu menjadi spot sempurna untuk mengambil gambar.

Pantai Batu Bengkung terletak di Desa Gajah Rejo, Kecamatan Gedangan, sekitar dua hingga tiga jam perjalanan mengunakan mobil dari Kota Malang. Posisi Pantai Batu Bengkung ini berada di wilayah paling barat dari pantai-pantai lain yang ada di Malang Selatan. Untuk mencapai pantai ini, Anda bisa melalui jalan provinsi di Sumber Manjing, atau jalan bypass Malang Selatan.

Traveler tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menikmati indahnya alam Pantai Batu Bengkung. Cukup membayar Rp7.500 untuk tiket masuk. Jika membawa kendaraan pribadi, traveler harus membayar parkir sebesar Rp5.000 dan Rp10.000 untuk parkir menginap.


Editor : Tuty Ocktaviany