Kemenparekraf Promosi Pariwisata Indonesia lewat Co-branding Wonderful Indonesia, Apa Itu?
JAKARTA, iNews.id - Mengenalkan pariwisata di Tanah Air melalui Co-branding Wonderful Indonesia dinilai sangat efektif. Sebab, promosi ini melibatkan berbagai mitra dari berbagai brand.
Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Ni Made Ayu Marthini mengatakan, kerja sama atau kolaborasi Co-branding yang dilakukan oleh Kemenparekraf dengan korporasi memiliki tujuan utama.
Tiga tujuan utama yang dimaksud meliputi peningkatan brand equity Wonderful Indonesia sebagai identitas pariwisata Indonesia, memperluas penetrasi pasar dan jangkauan, serta adanya pemanfaatan sumber daya dari setiap pihak yang terlibat.
Ni Made Ayu Marthini menambahkan, Co-Branding Awards 2021 memiliki empat kategori yaitu Best Exposure, Most Collaborative, Most Creative, dan Most Partisipative dengan masing-masing dibagi kembali dalam Gold, Silver dan Bronze.
"Program ini bertujuan untuk melahirkan dan mempertahankan semangat dari para mitra untuk mengembangkan kegiatan pemasaran pariwisata dan ekonomi kreatif dalam balutan brand Wonderful Indonesia," kata Ni Made Ayu dalam Wonderful Indonesia Co Branding Award (WICA) di Balairung Soesilo Soedarman, Kemenparekraf, Jakarta Pusat, Rabu (12/14/2022).
Ayu menambahkan, saat ini sudah ada sekitar 75 brand yang tergabung dan menjalin komitmen untuk berkolaborasi yang dikukuhkan secara legal dengan dokumen Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS).
Selanjutnya, dia berharap dengan adanya kolaborasi tersebut, nantinya industri pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia semakin berkembang dan matang. Serta para mitra akan memeroleh manfaat dalam aspek aktivitas bisnis, baik yang bersifat langsung maupun tidak.
Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menambahkan, kemitraan co-branding ini merupakan manifestasi dari salah satu kata kunci yang sering didengungkan, yaitu kolaborasi.
"Selain itu, Wonderful Indonesia diharapkan mampu bersifat 360, yaitu dapat kita jumpai saat bangun di pagi hari sampai kembali akan terlelap tidur di malam hari dalam segala aktivitas kita sehari-hari," katanya.
Acara Wonderful Indonesia Co-Branding Awards 2022 ini merupakan yang kali keempat, setelah sebelumnya sempat diselenggarakan pada 2018, 2019, dan 2021.
Berdasarkan Travel and Tourism Development Index (TTDI) 2021, Sandiaga menuturkan Indonesia berada di peringkat ke-32 di mana pesaing terdekat, yaitu Thailand berada di peringkat ke-36 dan Malaysia berada di peringkat ke-38.
Dalam salah satu indikator individual yaitu Country Brand Strategy Rating Indonesia menduduki peringkat ke-25. Hal ini menunjukkan Indonesia memiliki inovasi yang baik dan ini harus terus ditingkatkan.
Editor: Vien Dimyati