Keseruan Mendaki di Gunung Bongkok Purwakarta, Cocok untuk Pemula

Vien Dimyati ยท Rabu, 04 Desember 2019 - 12:24 WIB
Keseruan Mendaki di Gunung Bongkok Purwakarta, Cocok untuk Pemula

Keindahan Gunung Bongkok (Foto : Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Tidak hanya Bogor dan Bandung yang memiliki objek wisata pegunungan. Jika traveler singgah ke Purwakarta, juga akan menemukan objek wisata pegunungan.

Tidak terlalu tinggi, jadi bisa dengan mudah didaki oleh pendaki pemula. Objek wisata tersebut bernama Gunung Bongkok. Pemandangan menarik jika mendaki gunung ini adalah bebatuannya yang terlihat unik.

Gunung Bongkok terletak di Cikandang, Purwakarta. Ketinggiannya hanya 975 mdpl, sehingga cocok untuk dikunjungi oleh pendaki pemula. Berada di gunung ini, belum lengkap tanpa menikmati sunrise yang mengagumkan.

"Gunung Bongkok, salah satu tempat wisata yang menjadi tujuan alternatif bagi pendaki pemula, karena memang memiliki ketinggian 985 Mdpl. Di mana jalur pendakian Gunung Bongkok tidak terlalu sulit, sangat cocok juga buat liburan keluarga. Untuk mencapai puncak, sobat hanya butuh waktu sekitar 1 sampai 1,5 jam. Di kawasan ini juga terdapat beberapa fasilitas seperti outbound, kolam renang, spot selfie dll. Spesialnya di Gunung Bongkok sobat dapat melihat sunrise cantik yang menyelinap dari balik gunung dan perbukitan, namun harus berangkat dari jam 05:30 pagi untuk menikmati sunrise tersebut. Selamat mencoba," tulis Instagram @Indoflashlight, dikutip Rabu (4/12/2019).

Sudah menjadi hal umum jika Gunung Bongkok memiliki pesona sunrise yang eksotis. Gunung ini memiliki dua puncak yaitu Puncak Datar dan Puncak Batu Tumpuk. Kedua puncak ini sama-sama memiliki pesonanya tersendiri.

Sesampainya di puncak, traveler dapat menikmati lanskap kota Purwakarta yang memukau, yaitu Gunung Parang dan Waduk Jatiluhur. Jika ingin selfie atau foto-foto di puncak Batu Tumpuk, traveler harus siap mengantre, karena Puncak Batu Tumpuk ini hanya bisa menampung 30 orang saja.

Jika tertarik berkunjung ke Gunung Bongkok Purwakarta, Anda dapat berkendara menuju Purwakarta dan melanjutkan menuju Plered. Setelah sampai Plered, lanjutkan lagi menuju Cikandang sampai bertemu Pos Munclu. Kemudian lanjutkan dengan berjalan kaki untuk mencapai puncak. Bagaimana, tertarik menikmati keindahan Gunung Bongkok?


Editor : Vien Dimyati