Liburan di Indonesia, Yuk Incar Paket Wisata Destinasi Super Prioritas dan Tiket Pesawat Murah!
JAKARTA, iNews id - Ada banyak destinasi wisata di Indonesia yang dikenal memiliki pemandangan alam menakjubkan. Bahkan, keindahannya tidak kalah dengan luar negeri, maka itu kali ini Anda bisa memilih Indonesia sebagai destinasi tujuan yang akan dikunjungi saat liburan.
Untuk mempersiapkan destinasi wisata mana saja di Indonesia yang akan diincar saat liburan, Anda bisa berburu paket wisata, tiket pesawat, voucher hotel, dan lainnya di pameran wisata khusus domestik. Pameran travel fair khusus domestik ini terbilang pertama di Indonesia.
Penasaran seperti apa pameran wisata khusus domestik ini? Berikut ulasannya dirangkum pada Sabtu (13/5/2023).
Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI), asosiasi yang menaungi berbagai asosiasi pariwisata di seluruh Indonesia akan menghadirkan pameran perjalanan wisata domestik perdana bertajuk #DiIndonesiaAja Travel Fair di Grand Atrium Mal Kota Kasablanka, Tebet, Jakarta Selatan, pada 19 - 21 Mei 2023.
Pameran ini dilaksanakan atas permintaan dari Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi yang menunjuk Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) bersama InJourney sebagai organizer.
Ketua Umum GIPI, Hariyadi Sukamdani mengatakan, pihaknya bersama dengan seluruh anggota GIPI berkomitmen untuk menjadikan #DiIndonesiaAja Travel Fair ini sebagai ajang mempromosikan destinasi wisata di Indonesia.
"Ini pertama kalinya digelar dan dapat menjadi ajang pameran wisata untuk mempromosikan destinasi wisata di Indonesia pada umumnya dan destinasi super prioritas pada khususnya," ujar Hariyadi Sukamdani, melalui keterangannya dikutip Sabtu (13/5/2023).
Ketua Umum Astindo yang juga Sekretaris Jendral GIPI, Pauline Suharno mengatakan, melalui #DiIndonesiaAja Travel Fair, pihaknya ingin membantu anggota para travel agent dan stakeholder pariwisata lainnya untuk mereaktivasi bisnis yang sempat mati suri.
"Kami dapat dukungan dari pihak bank sponsor dan kolaborasi antar asosiasi exhibitor yang notabene pelaku usaha pariwisata dibebani biaya sewa lahan yang sangat minim, juga dapat memberikan penawaran harga menarik serta diskon spesial untuk berbagai harga tiket dan paket tur wisata domestik," ujar Pauline Suharno.
Sementara itu, Ketua Panitia #DiIndonesiaAja Travel Fair 2023, Anton Sumarli menambahkan, pameran wisata domestik ini merupakan wujud dukungan dalam membantu pemerintah menyukseskan kampanye BBWI atau Bangga Berwisata di Indonesia saja, seperti arahan Presiden Joko Widodo, untuk berlibur di Indonesia saja.
Maya Watono, Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, mengatakan, Indonesia saat ini kerap mengampanyekan BBWI. Promosi lokasi pariwisata secara khusus, harus lebih sering dilakukan di Indonesia.
"Saya rasa mengenai branding, Indonesia ini sangat nation branding, tapi saat ini destinasi tak ter-highlight. Misal Jepang, orang maunya ke Tokyo, misal ke Prancis orang maunya ke Paris. Indonesia tak melakukan destination development," ujar Maya.
Karena itu, lanjut Maya, dia akan fokus melakukan promosi lokasi pariwisata di Indonesia. Dalam mendukung promosi berjalan lancar, InJourney akan terus mendukung perkembangan pariwisata melalui infrastruktur dan program-program pariwisata yang menarik.
"Dua tahun ke depan kita akan fokus destination development, selain itu kita juga fokus pada infrastruktur. Dengan terbentuknya tourism ekosistem, maka akan bisa menarik banyak wisatawan yang didukung dengan tersedianya amenities, program pariwisata dan lain-lain," kata Maya.
Dalam gelaran #DiIndonesiaAja Travel Fair, pengunjung bisa menemukan berbagai macam paket wisata domestik, paket wisata tematik di 5 Destinasi Super Prioritas (Borobudur, Danau Toba, Likupang, Mandalika, dan Labuan Bajo), voucher hotel, tiket pesawat, cruise, desa wisata, destinasi wisata di berbagai daerah, dan sebagainya.
Pengunjung akan menemukan beragam paket wisata untuk event nasional maupun internasional yang diselenggarakan oleh InJourney di Indonesia, seperti MotoGP 2023, Sail Cendrawasih, FI Powerboat, konser, dan sebagainya.
Event ini diikuti oleh 16 travel agent, penyedia atraksi wisata, transportasi, hotel, dan destinasi pariwisata di daerah. Penyelenggaraan ini juga didukung oleh airlines domestik di antaranya Garuda Indonesia, Citilink, Pelita Air, Sriwijaya Air, Transnusa Airlines dan Airasia.
Akan hadir pula travel agent ternama yang tentunya akan menawarkan paket-paket wisata domestik dengan harga khusus, antara lain Antavaya, A&T Holiday, Avia Tour, Asia Tour, Bayu Buana, Dwidaya Tour, Elok Tour, Era Lintas Pertiwi, Golden Rama, Mytours, Panorama JTB, Pantravel, Smailing Tour, WITA Tour, Xpose Leisure Jakarta.
Pengunjung juga bisa menemukan aneka acara menarik seperti talkshow seputar wisata hingga pertunjukan hiburan. Selama tiga hari gelaran, Astindo menargetkan 20.000 pengunjung dan potensi transaksi sebesar Rp10 miliar.
Editor: Vien Dimyati