Liburan ke Moskow, Jangan Lewatkan Kunjungi Pasar Loak dan Pusat Suvenir

Adjat Wiratma ยท Minggu, 30 Juni 2019 - 21:01 WIB
Liburan ke Moskow, Jangan Lewatkan Kunjungi Pasar Loak dan Pusat Suvenir

Pasar loak dan pusat suvenir jadi lokasi menarik yang bisa dikunjungi di Rusia. (Foto: iNews.id/Adjat Wiratma)

MOSKOW, iNews.id – Ada agenda liburan ke Moskow, Rusia? Banyak tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi, termasuk juga pasar loak dan pusat suvenir.


Selama liburan ke Moskow, tempat menarik lain yang sayang tidak dikunjungi adalah Izmailovo. Kebetulan hotel tempat menginap sekitaran lokasi wisata ini, hanya 300 meter berjalan kaki.

Di sekitar hotel sebelum menuju ke Izmailovo dan pasar Vernizash di belakangnya, kita akan menemukan para penjual buah-buah segar, ada banyak cafe dan minimarket. Tidak kecewa jika memilih untuk menginap di dua hotel di kawasan ini.

Izmailovo merupakan tempat yang unik, bangunannya bagus, di dalamnya juga beragam bisa kita temukan mulai museum dan sebuah gereja dengan bangunan kayu. Lokasi ini banyak dijadikan spot berfoto para pengantin.



Kompleks wisata ini selalu ramai, gerbang baru akan ditutup pukul 21.00 waktu setempat. Tidak hanya untuk mencari makanan khas, bergeser ke bagian belakang ternyata berjejer pedagang barang loak. Sama dengan di Indonesia, barang-barang bekas antik dipajang oleh para pedagang yang kebanyakan sudah lansia.

Tidak hanya barang bekas, tapi banyak barang-barang suvenir yang dijual di pasar ini. Berjalan menyusuri bagian belakang hingga samping, kita akan menemukan penjual suvenir khas Rusia, semua serba ada termasuk boneka kayu Matryoska.

Yang menarik perhatian saya adalah Matryoska bergambar Presiden RI dan Gubernur DKI yang dijual di tempat ini. Boneka Matryoska Joko Widodo (Jokowi) bersanding dengan gambar pimpinan dunia lain. Isi boneka ini adalah wajah dari tujuh Presiden RI, mulai dari Soekarno hingga Joko Widodo. Saya juga menemukan Matryoska bergambar Anies Baswedan, juga Basuki Tjahaja Purnama.

Vernizash Market adalah salah satu pasar oleh-oleh paling dicari dari Indonesia karena harganya bisa ditawar. Dari pengalaman, saya bisa menawar hingga 30 persen dari harga awal. Setiap akhir pekan, aneka makanan banyak dijual di tempat ini.

Jalan Arbat, Moskow


Selama di Moskow, saya pun berkesempatan untuk jalan-jalan di salah satu jalanan terkenal yakni Arbat. Sayangnya bukan akhir pekan, pasalnya kalau Sabtu dan Minggu akan banyak seniman jalanan yang tampil. Daerah ini banyak toko suvenir, termasuk dari brand Starbucks dan Hard Rock yang menjadi salah satu oleh-oleh khas Rusia.

Taman Tsaritsyno dan Istana Catharine


Sudah puas jalan-jalan di pusat Kota Moskow, hari berikutnya menuju Taman Tsaritsyno, yang merupakan taman luas dengan istana peninggalan Catharine yang agung. Butuh waktu panjang untuk bisa puas jalan-jalan di taman. Tapi bagi yang malas jalan, bisa naik mobil wisata dengan membeli tiket dan diantar keliling hingga depan museum. Di dalam museum, banyak ditemukan barang peninggalan kerajaan. Menariknya, kita bisa berfoto menggunakan baju-baju kerajaan dengan membayar 300 rubel.  


Kota yang luas dengan banyak destinasi memang membutuhkan waktu cukup lama untuk bisa puas wisata di Moskow. Yang membuat penasaran lagi, suasana kota ini akan jalur berbeda pada musim-musim berikutnya. Saat musim semi, semua pohon-pohon yang saat ini hijau akan terlihat kuning. Sementara saat musim dingin, suasana penuh salju akan menjadi pengalaman tersendiri. Jadi, jalan-jalan di Moskow saat musim panas sekarang ini tidak cukup, satu hari kembali pada musim yang berbeda.

Editor : Tuty Ocktaviany