Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Bangga! Labuan Bajo Masuk Daftar Destinasi Terbaik Asia 2026
Advertisement . Scroll to see content

Liburan Natal dan Tahun Baru, Ini Destinasi Wisata Paling Diincar Wisatawan

Kamis, 22 Desember 2022 - 19:45:00 WIB
Liburan Natal dan Tahun Baru, Ini Destinasi Wisata Paling Diincar Wisatawan
Destinasi wisata yang favorit diincar wisatawan (Foto: Kemenparekraf)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Natal dan Tahun Baru menjadi momen bagi wisatawan untuk liburan ke berbagai destinasi wisata. Ada banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi, baik itu wisata domestik dan juga internasional.

Apalagi di penghujung tahun 2022, Traveloka menghadirkan program Promo Akhir Tahun Dadakan yang akan berlangsung dari 19 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023.

Program Promo Akhir Tahun ini menawarkan diskon hingga 50 persen untuk seluruh produk Traveloka seperti pilihan aktivitas liburan dan atraksi, akomodasi, juga transportasi, baik di destinasi domestik maupun internasional. 

Shirley Lesmana, Chief Marketing Officer, Traveloka mengatakan, liburan akhir tahun merupakan perpaduan berbagai momentum seperti libur sekolah, mudik, istirahat akhir tahun maupun kesempatan bagi konsumen untuk berkumpul bersama keluarga. 

"Memahami keberagaman kebutuhan serta peningkatan minat bepergian pada momentum ini, kami berkomitmen menghadirkan pengalaman terbaik bagi konsumen dengan meluncurkan program promosi spesial akhir tahun," kata Shirley melalui keterangannya, dikutip Kamis (22/12/2022).

Perlu diketahui, Badan Kebijakan Transportasi (Baketrans) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi pergerakan mobilitas masyarakat pada Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022 - 2023 akan mencapai 22,4 persen dari jumlah penduduk Indonesia atau setara 60,6 juta orang.

Hal ini juga sejalan dengan data internal Traveloka yang menunjukkan, minat berwisata akhir tahun pengguna terus meningkat baik destinasi domestik maupun internasional. Traveloka mencatat jelang akhir tahun 2022, pada Desember 2022 terdapat peningkatan transaksi pada pengguna transportasi darat sebesar 70 persen dibandingkan dengan awal tahun 2022.

"Kami juga melihat adanya peningkatan pemesanan pesawat sebesar 11 persen pada Desember 2022 untuk destinasi domestik dibandingkan dengan bulan lalu, serta peningkatan 6 kali lipat untuk destinasi internasional pada periode libur akhir tahun dibandingkan dengan tahun lalu," katanya.

Dia menjelaskan, Traveloka juga mengamati terdapat peningkatan minat pada sejumlah destinasi domestik favorit dari konsumen pada kota-kota besar seperti Bali, Medan, Surabaya, Makassar dan Jakarta.

Sedangkan untuk destinasi internasional favorit, di antaranya Singapura, Malaysia dan Thailand. Geliat industri pariwisata yang terus melonjak turut mendorong minat konsumen terhadap aktivitas di luar ruangan seperti atraksi wisata. Hal ini terlihat dari meningkatnya pemesanan produk atraksi wisata Traveloka Xperience naik hingga 30 persen pada Desember jelang libur akhir tahun dibandingkan bulan lalu.

Tren staycation

Terlebih dari itu, tren staycation dalam menyambut momen libur akhir tahun tetap menjadi pilihan favorit konsumen yang terbukti dengan peningkatan hingga 20 persen pada animo pemesanan akomodasi di Jakarta dibandingkan dengan tahun sebelumnya pada periode bulan Desember 2022.

Selain itu, Traveloka melihat tren pemesanan kebutuhan perjalanan baik transportasi, akomodasi, hingga atraksi wisata semakin meningkat mendekati periode akhir tahun. Internal data Traveloka menemukan perilaku konsumen mengalami perubahan. Para konsumen memiliki kecenderungan untuk melakukan periode pemesanan kebutuhan perjalanan dalam waktu yang singkat (short-booking window).

Promo akhir tahun

Shirley menambahkan, dimulai dari 19 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023, Promo Akhir Tahun Dadakan menggandeng hampir 6.000 mitra menghadirkan diskon hingga 50 persen untuk pemesanan seluruh produk seperti layanan tiket pesawat, bus & travel, akomodasi, hingga ragam produk dari Traveloka Xperience seperti atraksi wisata, taman bermain, spa dan kecantikan serta masih banyak lainnya.

Selain program tersebut, promo akhir tahun juga memberikan kesempatan kepada para konsumen untuk mengikuti rangkaian program promosi untuk kebutuhan perjalanan baik domestik maupun internasional, yang dapat diakses melalui aplikasi Traveloka.

"Kehadiran program Promo Akhir Tahun Dadakan diharapkan dapat membantu konsumen mewujudkan liburan akhir tahun yang lebih bermakna sesuai pilihannya. Dengan animo
perjalanan yang semakin meningkat di akhir tahun, kami optimistis geliat industri pariwisata Indonesia akan terus bangkit dan menguat di tahun-tahun mendatang,” tutur Shirley.

Editor: Vien Dimyati

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut