Luhut: Pembangunan Wisata Danau Toba Menggunakan Lahan Terbuka

Intan Rakhmayanti Dewi · Senin, 15 Februari 2021 - 00:13:00 WIB
Luhut: Pembangunan Wisata Danau Toba Menggunakan Lahan Terbuka
Lahan yang digunakan untuk pembangunan kawasan super prioritas Danau Toba, merupakan lahan sudah terbuka. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, lahan yang digunakan untuk pembangunan kawasan wisata super prioritas Danau Toba, merupakan lahan sudah terbuka, bukan area masih tertutup hutan. Lahan yang masih tertutup hutan akan dipelihara. 

Luhut menuturkan pihaknya hanya membersihkan lahan-lahan yang sudah ditumbuhi semak-semak. 

"Dulu konsesi yang diberikan kepada perusahaan besar itu mereka potong pohon. Nah itu yang kita tidak mau, sehingga hutan itu banyak yang hilang. Saya lihat dari helikopter baru paham sekarang, jadi tidak boleh kita memotong hutan," kata Luhut, dalam akun Instagram, Minggu (14/2/2021). 

Dia menyebutkan membangun Wisata Danau Toba ini adalah kerja sama seluruh kementerian terintegrasi. Selain ada research center untuk bibit-bibit unggul, seperti kentang, bawang putih, dan kopi, akan ada juga sub culture yang sedang dibuat. 

Ada juga tanaman herbal yang bisa dibuat untuk macam-macam obat dengan berbasis big data. 

Saat ini, kata Luhut, sudah proses 50 hektare tanah dari 500 hektare yang sudah dibebaskan. Masing-masing 15 hektare akan dibuat pusat perkantoran, pusat research, dan tempat subculture lainnya, serta 300 hektare tempat lahan percobaan.

Editor : Dani M Dahwilani