BJ Habibie Wafat

Mengintip Jembatan Habibie yang Menjadi Ikon di Timor Leste

Vien Dimyati ยท Rabu, 11 September 2019 - 20:21 WIB
Mengintip Jembatan Habibie yang Menjadi Ikon di Timor Leste

Ini Jembatan Habibie yang dibangun Pemerintah Timor Leste. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Kabar duka datang dari BJ Habibie. Presiden ketiga RI ini wafat di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Tidak hanya meninggalkan banyak kenangan kepada keluarga dan masyarakat Indonesia. Ternyata, BJ Habibie juga memiliki kenangan terhadap rakyat Timor Leste.

Kenangan tersebut terlihat dari jembatan yang diresmikan pada hari Kemerdekaan Timor Leste, 29 Agustus 2019. Pemerintah Timor Leste meresmikan jembatan yang dinamai Jembatan BJ Habibie. Timor Leste memperingati referendum untuk merdeka dari Indonesia, sebagai hari kemerdekaan. BJ Habibie dianggap rakyat Timor Leste memiliki jasa besar dalam kemerdekaan mereka. 

Jembatan BJ Habibie memiliki ukuran panjang 78 meter dan lebar 11,5 meter. Tempat ini menghubungkan jalan Avenida dos Direitos Humanos dan salah satu objek wisata Cristo Rei, patung Yesus Kristus setinggi 27 meter.

Ya, jembatan ini juga menjadi jalan penghubung jika Anda ingin ke objek wisata paling populer di Timor Leste. Jika traveler saat ini sedang berwisata ke Timor Leste, tidak ada salahnya mengunjungi objek wisata patung Cristo Rei yang menjadi ikon di sini.

Banyak orang yang bilang, jika ke Timor Leste belum lengkap tanpa mengunjungi Cristo Rei (Kristus Raja). Ini tempat wisata rohani dekat Kota Dili dengan patung setinggi 27 meter, dengan wujud Yesus berdiri di atas bola bumi menjadi objek utamanya.

Ungkapan tersebut banyak diyakini oleh para wisatawan yang mengunjungi Timor Leste. Sehingga hampir sebagian besar wisatawan yang pernah berwisata ke sana, tidak luput untuk mengunjungi patung Cristo Rei atau sekadar berfoto dengan background-nya dihiasi oleh patung tersebut.


Editor : Tuty Ocktaviany