Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Kemenpar Bagi-Bagi Paket Wisata Libur Nataru 2025, Banyak Diskon Tiket Pesawat!
Advertisement . Scroll to see content

Mengintip Pesona Singapura lewat 3D Animatronik di Pusat Jakarta 

Sabtu, 09 Maret 2024 - 08:39:00 WIB
Mengintip Pesona Singapura lewat 3D Animatronik di Pusat Jakarta 
Mengintip Pesona Singapura lewat 3D Animatronik di Pusat Jakarta (Foto : Ist)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Singapura merupakan destinasi wisata populer bagi wisatawan Asia Tenggara, terutama Indonesia. Ya, wisatawan Indonesia paling sering berkunjung ke Singapura untuk wisata, belanja atau berbisnis.

Bahkan, berbagai pesona terkait Singapura bisa disaksikan oleh masyarakat melalui video 3D Animatronik di Pusat Jakarta. Tepatnya berlokasi di bundaran HI. Di sini, terdapat papan reklame elektronik di Jalan MH Thamrin. Serangkaian video animatronik 3D sangat menarik perhatian, membawa para penonton ke dalam pesona Singapura. 

Terrence Voon, Executive Director, Southeast Asia, Singapore Tourism Board (STH) mengatakan, tampilan memukau ini merupakan bagian dari kampanye “Made in Singapore” yang diluncurkan oleh Singapore Tourism Board pada Oktober lalu. Pengalaman visual yang berlangsung hingga 21 Maret 2024 ini merupakan bagian dari rangkaian aktivasi global yang meliputi Tiongkok, India, Inggris dan Amerika.

"Serangkaian video animatronik ini mengundang wisatawan Indonesia untuk menjelajahi keunikan Singapura mulai dari destinasi terkenal, seperti Gardens by the Bay, hingga hidden gems, seperti Lau Pa Sat dan rumah toko warisan kami," kata Terrence Voon dikutip Sabtu (9/3/2024).

Terrence Voon menambahkan, tontonan 3D tersebut tidak hanya menandai langkah inovatif STB dalam teknologi canggih, namun juga menegaskan komitmen Singapura untuk mengubah momen-momen biasa menjadi pengalaman yang menarik dan penuh keajaiban. 

"Sebagai bagian dari kampanye global, kami senang dapat menampilkan yang terbaik dari Singapura di jantung kota Jakarta," kata dia.

Menurut Terrence Voon, Indonesia merupakan pasar teratas Singapura tahun lalu dalam hal kunjungan wisata, "Kami ingin memanfaatkan momentum ini untuk memperlihatkan lebih banyak penawaran Singapura, menginspirasi kunjungan di masa mendatang, dan memperkuat posisi kami sebagai destinasi wisata favorit bagi masyarakat Indonesia," katanya.

Peluncuran kampanye baru ini dilatarbelakangi oleh pemulihan yang signifikan bagi industri pariwisata Singapura pada 2023 dengan kedatangan wisatawan mancanegara mencapai 13.6 juta dan pendapatan pariwisata diperkirakan mencapai antara 24.5 dolar Amerika Serikat (AS) hingga 26 milliar dolar.

Pencapaian ini melampaui proyeksi awal STB sebesar 12-14 juta wisatawan dan pendapatan pariwisata sebesar 18 miliar dolar AS - 21 milliar dolar yang diproyeksikan sebelumnya pada tahun tersebut. Tercatat, kunjungan wisata dari Indonesia memimpin lonjakan dengan hampir 2,3 juta pengunjung, diikuti oleh Tiongkok dan Malaysia dengan masing masing 1.4 juta dan 1.1 juta 
wisatawan. 

Salah satu alasan utama keberhasilan Singapura dalam menarik wisatawan Indonesia adalah kolaborasi kuat yang telah dijalin dengan media, brand dan mitra perjalanan Indonesia. Kemitraan dengan perusahaan seperti GDP Ventures dan Traveloka membantu meningkatkan penjualan akomodasi dan tiket atraksi di Singapura, sementara kemitraan dengan merek fesyen Muslim ButtonScarves dan asosiasi agen perjalanan seperti Asita – Amphuri, membantu meningkatkan pemahaman wisatawan tentang Singapura di pasar wisatawan muslim Indonesia yang terus berkembang. 

"Pada 2024, Singapura siap untuk menarik pengunjung dari Indonesia dengan deretan
acara hiburan, olahraga dan bisnis yang relevan sepanjang tahun," kata dia.

Bahkan, lanjut Terrence Voon Singapura menjadi destinasi pilihan untuk pertunjukan hiburan seperti Taylor Swift dan Bruno Mars, acara olahraga Formula 1 Singapore Airlines Singapore Grand Prix, Tour de France Prudential Singapore 
Criterium dan Standard Chartered Singapore Marathon di antara lainnya. 

Bagi wisatawan MICE Indonesia, Singapura akan menjadi tuan rumah sejumlah acara bisnis Internasional tahun ini, termasuk Food & Hotel Asia (23-26 April), Rotary International (25-29 Mei), NRF 2024: Retail’s Big Show Asia Pacific (11-13 Juni), dan Medical Fair Asia (11 - 13 September)

“Kami yakin kalendar acara liburan dan bisnis kami yang semarak akan memberikan lebih banyak alasan bagi masyarakat Indonesia untuk mengunjungi Singapura di tahun 2024," ujar Terrence. 

“Untuk meningkatkan kesadaran wisatawan akan beragam penawaran, kami akan meningkatkan upaya pemasaran di seluruh Indonesia melalui kampanye ‘Made in Singapore’ yang baru, dan bekerja sama dengan mitra utama untuk mengkurasi pengalaman menarik bagi wisatawan Indonesia," katanya.

Editor: Vien Dimyati

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut