Mudik ke Bandung, Singgahi Gunung Puntang Lihat Hamparan Awan di Puncak Mega

Vien Dimyati ยท Selasa, 21 Mei 2019 - 16:24 WIB
Mudik ke Bandung, Singgahi Gunung Puntang Lihat Hamparan Awan di Puncak Mega

Pesona Gunung Puntang di Banjaran, Bandung jadi destinasi favorit wisatawan. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Nama Gunung Puntang di Banjaran, Bandung, mungkin belum terlalu populer. Berlokasi di Bandung Selatan, Jawa Barat, Gunung Puntang bagian dari pegunungan Malabar. Keindahan dan kesejukan alamnya tak perlu diragukan.

Ada lima pos pendakian dengan estimasi normal tiga jam tiba di puncak. Puncak Gunung Puntang bernama Mega. Ketinggiannya mencapai 2.223 mdpl. Dari Puncak Mega, Anda akan disuguhi keindahan alam yang memesona. Titik ini menjadi spot favorit para pendaki untuk berburu foto dan melihat matahari terbit.

"Dari Puncak Mega tampak jelas keindahan alam Bandung. Puncak Mega adalah puncak tertinggi dari Gunung Puntang dengan ketinggian 2.223 mdpl. Ayo dolan ke sini. Untuk menuju ke Puncak Mega dibutuhkan waktu setidaknya 3 hingga 4 jam dengan berjalan kaki. Mencapai puncak ini, para pendaki dapat melalui 2 jalur pendakian, yaitu jalur umum dan VI. Jadi, kamu kapan mau ke sini dan pilih jalur mana?" tulis Instagram @Ayodolan, Selasa (21/5/2019).

Ada banyak kegiatan yang bisa kita lakukan di Gunung Puntang, seperti berkemah, trekking, hingga downhill. Banyak wisatawan yang bersepeda di kawasan Gunung Puntang. Di kawasan Gunung Puntang juga terdapat Gua Belanda yang memiliki panjang sekitar 20 meter. Sayangnya, goa itu kini ditutup akibat banyaknya wisatawan yang tersesat di dalam gua.

Momen yang paling ditunggu-tunggu para pendaki adalah menikmati keindahan saat matahari terbit. Jika cuaca sedang cerah, Anda bisa menikmati matahari terbit dari Puncak Mega. Bukan hanya melihat sunrise, panorama hijau serta bentangan Pegunungan Malabar juga dapat dinikmati di puncak ini. Begitu pun saat malam hari yang cerah, City Light Kota Bandung terlihat begitu indah.

Selain Puncak Mega, terdapat beberapa air terjun di sekitarnya yang menjadi daya tarik pendaki. Total ada lima air terjun, yaitu Cigeureuh, Siliwangi, Cisaat, Gentong, dan Cihuripan. Dari kelima destinasi, Siliwangi menjadi primadona. Tingginya mencapai 150 meter dan salah satu air terjun tertinggi di Jawa Barat.

Berlokasi di Desa Cimaung, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung, butuh waktu sekitar dua jam dari pusat kota untuk mencapai Gunung Puntang. Terdapat dua jalur pendakian, bisa melalui pos Perhutani dan pos PGPI (Persatuan Gunung Puntang Indonesia). Sementara tiket masuknya masih hanya Rp22.500 per orang dan parkir Rp2.000 untuk motor, Rp10.000 untuk mobil. Waktu terbaik mendaki Gunung Puntang adalah saat musim kemarau.


Editor : Tuty Ocktaviany