Nitra, Maskot Taman Mini Indonesia Indah Jadi Idola Anak-Anak

Riyandy Aristyo · Jumat, 22 Desember 2017 - 21:36:00 WIB
Nitra, Maskot Taman Mini Indonesia Indah Jadi Idola Anak-Anak
Taman Mini Indonesia Indah banyak dikunjungi wisatawan saat libur panjang. (Foto: iNews.id/Riyandy Aristyo)

JAKARTA, iNews.id – Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menjadi tempat yang asyik menghabiskan liburan akhir pekan ini. Jika ke sana, kalian akan melihat beberapa gambar atau ikon monyet kecil berwarna putih yang menjadi idola anak-anak.

Dia adalah maskot TMII yang diberi nama Nitra. Direktur Budaya TMII Sulistyo Tirtokusumo menjelaskan asal usul dari monyet kecil tersebut.

"Mungkin rekan-rekan belum mengetahui apa sih maskot dari TMII yang ternyata bernama Nitra. Asal usul Nitra diambil dari nama Anjani Putra yang tak lain adalah Hanoman.Diambil dari kisah Ramayana, Hanoman (Nitra) merupakan kera putih gagah perkasa sakti mandraguna yang berjuang membela dan menegakan kebenaran. Dia adalah putra dewa, yaitu Bhatara Guru dengan Dewi Anjani," jelas Sulistyo saat ditemui iNews.id dalam launching Nitra Mapping Show, TMII, Kamis 21 Desember 2017.

Hanoman ternyata memiliki banyak julukan. Guruputra sebagai putra Bhatara Guru, Yudawisma sebagai panglima perang, Kapiwara sebagai raja warana atau kera. Ramandayapati sebagai putra angkat Rama.

Lalu, Maruti atau Prabancana sebagai angin. Handayapati yang memiliki kekuatan yang sangat dahsyat. Palwagasena sebagai kera putih. Senggana sebagai panglima perang yang tidak terkalahkan.

"Taman Mini memilih Nitra sebagai maskot karena mencerminkan budi luhur, suri teladan dan idola para generasi muda. Kesaktiannya melebihi sang raja, yaitu Rama. Namun, kedudukannya sebagai abdi. Ia selalu patuh dan menuruti apa yang diperintahkan oleh Rama," jelasnya.

Selain itu, sambung dia, Nitra mempunyai watak yang dapat diteladani dan merupakan sumber inspirasi selaras dengan misi TMII sebagai wahana pelestarian, pengenalan dan pengembangan budaya, duta seni, juga mewariskan hal positif untuk generasi mendatang.

Nitra selaku maskot TMII diangkat menjadi tokoh utama Nitra Mapping Show. Harapannya, agar sifat dari Nitra bisa menginspirasi para penonton untuk mencontoh sikap dan perilakunya.
"Saya harap ini bisa menjadi sambutan yang baik, sebuah sikap rendah hati yang patut dicontoh oleh kita semua," jelas Sulistyo.

Editor : Tuty Ocktaviany

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda