Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Enzy Storia Liburan ke Norwegia, Pamer Cantiknya Aurora di Instagram
Advertisement . Scroll to see content

Pelonggaran Masker, Liburan ke Singapura dan Staycation Akhir Pekan Meningkat 

Jumat, 17 Juni 2022 - 21:20:00 WIB
Pelonggaran Masker, Liburan ke Singapura dan Staycation Akhir Pekan Meningkat 
Perjalanan wisata meningkat sejak pelonggaran pemakaian masker (Foto: Ist)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Perjalanan wisata kembali bergairah sejak pemerintah melonggarkan pemakaian masker. Akomodasi tiket pesawat hingga tempat wisata, paling banyak dicari wisatawan.

Peningkatan perjalanan wisata terlihat dari data yang dikeluarkan oleh Traveloka. Pada kegiatan Epic Sale yang keenam sejak 31 Mei hingga 6 Juni 2022, minat masyarakat untuk kembali berwisata meningkat.

Ada lebih dari 55.000 mitra di sektor perjalanan dan wisata, Traveloka mencatat peningkatan pemesanan hampir
mencapai 2 kali lipat dibandingkan Epic Sale sebelumnya pada Oktober 2021.

Albert, Co-Founder, Traveloka, mengatakan, peningkatan pemesanan yang hampir mencapai 2 kali lipat dibanding Epic Sale Oktober lalu menegaskan Epic Sale semakin diminati masyarakat Indonesia. 

Menurutnya, hal ini menunjukkan
semakin tumbuhnya minat masyarakat untuk melakukan perjalanan di tengah semakin terkendalinya situasi dan pelonggaran kebijakan pemerintah. 

"Kami berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terlaksananya Epic Sale. Terlebih dari itu, program Epic Sale dan inisiatif-inisiatif kami lainnya juga merupakan bentuk komitmen Traveloka
untuk senantiasa terdepan dalam mendukung upaya pemerintah mempercepat pemulihan
pariwisata nasional," ujar Albert melalui keterangannya dikutip Jumat (17/6/2022).

Staycation Meningkat

Selain peningkatan jumlah pemesanan, selama periode Epic Sale keenam ini, Traveloka melihat adanya tren peningkatan Staycation sebagai opsi liburan di akhir pekan dan libur sekolah tengah tahun selama periode akhir Juni hingga awal Juli nanti. 

Selain itu, Traveloka juga mencatat penggunaan PayLater tertinggi selama periode Epic Sale untuk transaksi hotel sepanjang semester pertama 2022. Kenaikan juga terjadi pada pembelian asuransi perjalanan sebesar 3 kali lipat dibanding semester kedua 2021.

Selain itu, dengan mulai dibukanya perbatasan dan penerbangan internasional, periode Epic Sale kali ini juga menunjukkan adanya peningkatan minat konsumen terhadap destinasi internasional sebesar 10 kali lipat dibandingkan dengan periode Epic Sale sebelumnya pada Oktober 2021 dengan negara-negara favorit warga Indonesia termasuk Singapura, Malaysia, dan Thailand.

"Selama 7 hari program Epic Sale berlangsung, Traveloka mencatat produk yang paling diminati pengguna adalah Akomodasi seperti hotel, resort, dan vila, Transportasi seperti tiket pesawat, kereta api, dan bus, serta Xperience untuk layanan atraksi, Spa & Kecantikan dan Taman Bermain (playground)," ujar Albert.

Sementara itu, lanjutnya, Jakarta, Bandung, dan Bali menjadi kota yang paling diminati untuk produk akomodasi, tiket pesawat, transportasi darat, dan Xperience.

Aktivitas yang paling diminati oleh pengguna selama periode ini adalah staycation, berburu diskon makanan di Traveloka Eats, naik pesawat untuk healing ke Bali dan shopping ke Singapura, mengunjungi playground dan taman hiburan bersama anak hingga menikmati pemandangan indah di dalam kereta api yang membawa ke destinasi wisata.

Selain itu, Albert menjelaskan, dia membuka diri untuk menjalin kolaborasi dengan banyak pihak untuk mewujudkan transformasi digital di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. "Tujuannya demi mewujudkan pelaku industri yang memiliki daya saing untuk menghadapi tantangan yang akan datang,” tutur Albert.

Editor: Vien Dimyati

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut