Pesona Air Terjun Coban Pelangi, Percikan Airnya Indah Berwarna-warni

Vien Dimyati ยท Kamis, 14 Maret 2019 - 19:05 WIB
Pesona Air Terjun Coban Pelangi, Percikan Airnya Indah Berwarna-warni

Keindahan Coban Pelangi (Foto: Instagram @ayodolan)

JAKARTA, iNews.id - Travelling ke Malang, Jawa Timur belum lengkap tanpa mengunjungi objek wisata air terjun. Mulai dari Coban Nirwana, Coban Rondo, hingga Coban Tundo. Masing-masing air terjun tersebut memiliki daya pikat tersendiri.

Termasuk salah satunya Coban Pelangi, yang terletak di kawasan Desa Gubugklakah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Coban Pelangi merupakan air terjun yang terbilang unik karena pada waktu tertentu, percikan air yang jatuh akan mengeluarkan berbagai warna seperti pelangi. Ini pula yang melatarbelakangi mengapa air terjun ini dinamakan Coban Pelangi.

Coban Pelangi terletak di ketinggian 1.400 mdpl. Tidak heran jika udara di sini sangat dingin hingga mencapai suhu terendah 19 derajat celcius. Air terjun yang dikelola oleh Perum Perhutani Malang ini terletak tidak jauh dari Gunung Semeru dan masih bagian dari kawasan Taman Nasional Bromo.

Tempat ini dikelilingi oleh pepohonan hijau yang membuat suasana di sekitar air terjun terasa sejuk. Berada di air terjun ini, traveler akan disambut dengan kicauan burung dan satwa liar lainnya.

"Air Terjun Coban Pelangi, Malang merupakan air terjun unik yang dapat mengeluarkan berbagai macam warna bak pelangi. Air terjun yang dikelola oleh Perum Perhutani Malang ini dikelilingi oleh pepohonan hijau yang membuat suasana di sekitar air terjun sangat menyegarkan mata. Karena letaknya yang berada di ketinggian 1.400 mdpl, udara di sekitar air terjun sangat dingin, bahkan suhu terendah yang pernah terjadi adalah 19 derajat celcius. Woah #ayodolan ke sini! Foto dolan dari @riidone," tulis Instagram @ayodolan dikutip Kamis (14/3/2019).

Untuk mendapatkan pemandangan yang indah, Anda harus berjuang untuk sampai ke Coban Pelangi. Waktu yang tepat untuk datang adalah sekitar pukul 10.00 - 13.00 WIB. Karena pada jam tersebut Anda bisa mendapatkan pemandangan pelangi yang muncul dari percikan air terjun yang jatuh ke bawah. Jangan lewatkan untuk berswafoto. Sebab, ketika pelangi muncul, ini menjadi spot foto yang instagramable.

Rute menuju Coban Pelangi memang agak sedikit sulit. Traveler harus melewati jalan yang menanjak, sempit, hingga berkelok. Jalanan menuju Coban Pelangi ini juga rawan longsor. Jadi Anda harus ekstra hati-hati. Namun, jika sudah sampai ke tujuan, Anda akan dimanjakan dengan panorama alam yang masih natural.

Lokasi air terjun indah ini terletak 32 km dari Kota Malang. Untuk harga tiket masuk ke Coban Pelangi sekitar Rp6.000 per orang. dari pintu masuk, Anda harus menempuh perjalanan sekitar satu kilometer dengan berjalan kaki hingga sampai ke objek wisata air terjun.


Editor : Vien Dimyati