Pesona Bukit Tungku Wiri di Jayapura, Spot Terbaik Menikmati Danau Sentani

Elvira Diva Khairunnisa ยท Senin, 01 November 2021 - 13:53:00 WIB
Pesona Bukit Tungku Wiri di Jayapura, Spot Terbaik Menikmati Danau Sentani
Pesona Bukit Tungku Wiri di Jayapura (Foto: Instagram@Indoflashlight)

JAKARTA, iNews.id - Bukit Tungku Wiri di Jayapura Papua memiliki daya pikat tersendiri bagi wisatawan. Ada banyak hal menarik yang bisa dieksplorasi ketika berada di Jayapura. Tidak hanya memiliki pemandangan alam pegunungan, Jayapura juga terkenal memiliki keindahan bawah laut yang eksotis.

Bentangan alam provinsi Indonesia Timur ini selalu menjadi spot dan tren terbaik apabila ingin berwisata. Terutama jika Anda singgah ke Bukit Tungku Wiri. Berada di bukit ini Anda dapat menikmati pesona pemandangan Danau Sentani.

Bukit Tungku Wiri letaknya tidak jauh dari Bandara Sentani, Jayapura, Papua. Tempat ini sering dikenal sebagai Bukit Teletubbies bagi para traveler. Hamparan formasi rumput yang menghiasai tanah bukit ini menjadikan Bukit Sentani dikenal sebagai Bukit Teletubbies. 

Bagi warga sekitar, penamaan Bukit Tungku Wiri berasal dari bahasa asli Kampung Doyo Lama dengan arti kata wiri yang berarti gunung dan tungku yang merupakan kata serapan dari bahasa setempat.
 
"Inilah pesona keindahan Bukit Tungku Wiri yang sedang menghijau. Untuk menikmati keindahan Danau Sentani secara sempurna, wisatawan bisa menyusuri jalan setapak dari area masuk hingga puncak bukit. Apalagi saat cuaca cerah semakin lengkaplah pesona Bukit Tungku Wiri, ditambah dengan 21 pulau-pulau kecil yang menghiasi area tengah danau," tulis Instagram @Indoflashlight, dikutip Senin (1/11/2021).

Bukit Tungku Wiri menyajikan pemandangan yang eksotis. Selain daya tarik bentangan rumput hijaunya, daya tarik lain yang dapat diperoleh adalah view Danau Sentani dari ketinggian dan city of light Kota Jayapura yang tampak dari puncak.

Pemandangan senja adalah teman yang cocok jika Anda berkunjung ke Bukit Tungku Wiri ini. Selain beraktivitas trekking Anda juga dapat mengabadikan momen berselfie ria dengan latar belakang pemandangan saat di puncak bukit dengan ditemani 21 pulau kecil yang menghiasi area tengah danau.

Untuk dapat ke puncak, Anda dapat berjalan setapak melewati fasilitas anak tangga yang jalurnya sudah tidak sulit lagi. Apabila ingin bersantai sejenak maka di sana juga tersedia pondok, sembari menikmati pemandangan dengan duduk-duduk.
 
Selanjutnya untuk fasilitas berwisata di Bukit Tungku Wiri ini terdapat juga parkir, toilet, pondok, serta warung makanan dan minuman, papeda bungkus, hingga ikan saus bisa Anda dapatkan jika ingin berwisata kuliner.
 
Bukit Tungku Wiri berlokasi di Kampung Doyo Lama, Distrik Waibu, Jayapura Papua. Untuk masuk ke wisata alam Bukit Tungku Wiri tidak dikenakan biaya sepeser pun alias gratis. Hanya saja, untuk parkir kendaraan dikenakan biaya. Harga karcis parkir per motor dikenakan biaya Rp10.000, dan per mobil Rp20.000. Jam opersional wisata Bukit Tungku Wiri ini 24 jam non stop.
 
Demikian ulasan dari Bukit Tungku Wiri di Jayapura, Papua, yang bisa dijadikan referensi untuk Anda yang ingin berwisata di Jayapura. Stay safe and healthy, jangan lupa selalu utamakan protokol kesehatan.

Editor : Vien Dimyati

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda