Platform Favorit Gamers di Indonesia Dukung Industri Kreatif Tanah Air
JAKARTA, iNews.id - Industri kreatif di Indonesia memiliki potensi besar dalam menggerakkan ekonomi nasional. Terutama di industri gamers yang belakangan ini diganderungi anak milenial.
Bahkan, beberapa waktu lalu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, industri dan ekosistem game lokal memiliki potensi besar untuk berkontribusi dalam ekonomi kreatif (ekraf) Tanah Air.
Kontribusi game dan aplikasi untuk ekraf Indonesia pada 2017 adalah 1,93 persen (PDB subsektor aplikasi dan game developing), dengan 44.733 jumlah tenaga kerja di subsektor game.
Salah satu yang belakangan ini diganderungi anak muda adalah eSport berbasis ketangkasan. Memasuki tahun kedua kehadirannya di Indonesia, Mobile Premier League (MPL), platform mobile eSport berbasis ketangkasan, membuktikan diri sebagai salah satu platform game favorit di Indonesia dengan pencapaian 5 juta pengguna.
Pencapaian tersebut merefleksikan tingginya minat para penggemar game di Tanah Air terhadap platform MPL dan besarnya potensi pasar mobile eSports di Indonesia yang kini menduduki peringkat nomor satu di Asia Tenggara untuk pendapatan industri game.
“Kami sangat bersemangat dan berterima kasih kepada para penggemar game di Indonesia yang telah mempercayakan MPL sebagai platform favorit mereka untuk bermain mobile eSports," kata Ridzki Syahputera, Country Head Mobile Premier League Indonesia, melalui keterangan tertulisnya belum lama ini.
Menurutnya, sebagai pemain baru di industri mobile eSports Indonesia, dia berhasil membuka tahun ini dengan
mencatat kenaikan sebesar 174% pengguna baru di kuartal pertama dibanding periode yang sama
tahun lalu.
Pencapaian ini, lanjut Ridzki, menjadi bukti pasar mobile eSports Tanah Air akan terus berkembang dan semakin digemari banyak kalangan. Sebagai penyedia platform, MPL akan terus mengedukasi para pengguna dan berinovasi untuk memberikan pengalaman terbaik bagi penggemar game di seluruh Indonesia.
Dia menambahkan, strategi MPL yang berkontribusi pada pencapaian tahun ini meliputi inovasi permainan, serta upaya untuk menganalisa dan meningkatkan pemahaman pengguna yang semakin baik terkait dengan fitur, kompetisi, dan reward di platform MPL.
“Kami terus mengajak masyarakat, khususnya para penggemar game, untuk merasakan keseruan memainkan puluhan game yang tersedia di platform kami. Edukasi tersebut kami lakukan dengan berbagai macam cara, termasuk melalui serangkaian strategi branding yang mencakup iklan televisi dan video testimoni dari pengguna MPL," katanya.
Bahkan, kata dia, sejumlah selebriti dan pemain game terkenal di Indonesia juga turut memberikan testimoni mereka setelah merasakan keseruan bermain. Melalui serangkaian strategi dia berharap dapat memperluas pasar di Indonesia dan mendukung pertumbuhan industri mobile eSport Indonesia.
Menurutnya, MPL menawarkan proposisi nilai yang unik untuk pasar Indonesia, yaitu dengan menyediakan mobile eSports yang kompetitif dan menyelenggarakan beragam pertandingan serta turnamen dengan aman dan adil, sehingga memungkinkan semua orang untuk dapat bermain di platform MPL.
Selain itu, MPL mencatat lebih dari 500.000 games dimainkan pada Mei 2021. Para pengguna dapat memainkan dua kategori game yang terdiri dari game kasual dengan lebih dari 30 pilihan permainan, dan fantasy game yang diperuntukan bagi penggemar olahraga untuk menganalisa pertandingan favorit mereka seperti sepak bola, basket dan baseball.
"Walaupun mobile eSport terbilang baru di Indonesia, namun kami menerima antusiasme yang tinggi dalam waktu singkat. Kemajuan ini juga akan memberikan dampak positif bagi para pengembang game lokal Tanah Air untuk mendapatkan daya tarik yang lebih cepat dan secara berkesinambungan, memberikan akses pengalaman turnamen yang lebih menarik bagi para penggun," kata Ridzki.
Editor: Vien Dimyati