Produk Kreatif Indonesia Eksis di South by Southwest AS, Tampilkan Film hingga Teknologi
JAKARTA, iNews.id - Ada banyak cara untuk mengenal produk kreatif lokal Indonesia ke mancanegara. Salah satunya melalui pameran internasional.
Dalam mendukung industri kreatif lokal, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berkolaborasi dengan Direktorat Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf berpartisipasi pada acara South by Southwest (SXSW) yang berlangsung pada 10 - 19 Maret 2023 di Austin, Texas, Amerika Serikat.
SXSW merupakan acara tahunan yang terkenal sebagai tempat berkumpulnya para pelaku industri kreatif global. Acara ini menampilkan berbagai program seperti musik, film, interaktif, teknologi, pendidikan, dan konferensi bisnis.
Sekretaris Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Helma Dahlia menjelaskan, dalam kesempatan ini, Indonesia menghadirkan sembilan delegasi di mana lima delegasi pelaku teknologi dan industri kreatif berasal dari Jakarta yaitu PT Aurora Cantika Globalindo (Alatte Beauty), PT Aruvana Virtual Semesta (Aruvana), PT Produksi Kreatif Anak Bangsa (GoPlay), PT Cerita Horologi Indonesia (Horology Story), dan PT Likuid Jaya Inisiasi (Sermorpheus).
Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS), ekspor produk kreatif Indonesia mencapai 16,4 miliar dolar AS pada 2022. Data tersebut menunjukkan, produk-produk kreatif Indonesia telah berhasil menembus pasar internasional dan mendapatkan pengakuan dari konsumen di luar negeri. Produk kreatif Indonesia juga mampu bersaing di pasar internasional dan dapat menjadi pilihan yang menarik bagi konsumen di seluruh dunia.