Pulau Kolorai, Keindahan Ujung Timur Indonesia yang Sembunyi di Maluku

Vien Dimyati ยท Kamis, 06 Desember 2018 - 12:35 WIB
Pulau Kolorai, Keindahan Ujung Timur Indonesia yang Sembunyi di Maluku

Keindahan Pulau Kolorai (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Maluku Utara terkenal memiliki pesona keindahan alam menakjubkan. Tidak lengkap jika ke Maluku Utara tanpa mengunjungi Morotai. Pulau ini berada di Kepulauan Halmahera. Ketika berada di Morotai, jangan lewatkan mengunjungi pulau yang masih natural bernama Kolorai.

Pulau ini terkenal dengan pantainya yang indah dengan pasir putih lembut. Sebagian besar penduduk setempat hidup sebagai nelayan. Itu berarti pengunjung bisa bertemu dengan masyarakat nelayan di Kolorai. Pulau Kolorai terletak di dekat Pulau Dodola yang juga menawarkan pantai pasir putih yang indah. Dua pulau ini terkenal indah dan wajib dikunjungi.

"Mau ngerasain keramahan kampung nelayan di Morotai? Datang saja ke Pulau Kolorai di kecamatan Morotai Selatan, Maluku Utara. Tak hanya terkenal dengan keramahan penduduk desanya, Pulau Kolorai juga punya pasir putih pantai yang indah. Ditambah gradasi air pantai yang hijau kebiru-biruan, pemandangannya pantas diacungi jempol. Menelusuri bawah lautnya juga kita akan dibikin takjub, sulit menolak keinginan untuk snorkeling di pulau ini. Sore hari di Pulau Kolorai, paling nikmat menyantap makanan lautnya yang gurih. Lengkap sudah kebahagiaanmu liburan di sini. Nah, tak jauh dari Pulau Kolorai ada juga pulau yang tak kalah indah dan memesona," tulis Instagram Pesonaid_Travel, dikutip Kamis (6/12/2018).

Kolorai merupakan pulau berpenghuni. Pulau ini dihuni oleh kurang lebih 100 Kepala Keluarga yang terdiri dari beberapa suku yaitu suku Galela, Ternate dan Bajo. Keunikan dari pulau ini adalah memiliki sumur yang berada di tengah pulau. Sumur ini memiliki air rasa tawar, sehingga masyarakat tidak mengalami kesulitan mendapatkan air tawar.

Karena pulau ini merupakan desa wisata, maka belum lengkap berkunjung ke sini tanpa membeli ikan asin. Ikan asin yang dijual di sini bisa langsung dimakan. Jangan lewatkan berburu sunrise dan sunset di sini. Jika ingin mendapatkan sensasi berbeda, Anda bisa melakukan snorkeling menikmati keindahan terumbu karang yang berwarna-warni di sini.

Pulau Kolorai terletak di bagian selatan Daruba. Jika ingin ke Kolorai, Anda harus berangkat dari pelabuhan Daruba. Perjalanan laut memakan waktu kurang dari 2 jam. Unit transportasi terbaik adalah speed boat. Biayanya bervariasi dan tergantung musim.

 


Editor : Vien Dimyati