Pusuk Buhit Samosir, Bukit Tertinggi di Danau Toba yang Eksotis

Vien Dimyati · Jumat, 25 Januari 2019 - 13:22:00 WIB
Pusuk Buhit Samosir, Bukit Tertinggi di Danau Toba yang Eksotis
Keindahan Puncak Pusuk Buhit Samosir (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Keindahan Danau Toba di kalangan wisatawan lokal dan mancanegara sudah tidak diragukan lagi. Danau alami terbesar di Indonesia ini memiliki panorama alam yang mampu memikat wisatawan.

Ada banyak spot terbaik bagi wisatawan untuk menikmati keindahannya, salah satunya melalui puncak tertinggi di Samosir, yaitu Pusuk Buhit. Puncak ini menawarkan pemandangan alami yang eksotis.

Pusuk Buhit adalah salah satu rangkaian gunung supervolcano Toba yang berada di daerah Pangururan Pulau Samosir, Sumatera Utara. Berada di puncak ini, traveler dapat memandang hamparan luas Danau Toba yang melegenda. Dalam mitologi suku Batak, puncak tersebut diceritakan sebagai tempat "kelahiran" suku Batak.

"Sangat beruntung bisa berada di puncak Pusuk Buhit, di sini kamu dapat melihat langsung panorama terindah Danau Toba dari puncak," tulis Instagram @exploredolansumut, Jumat (25/1/2019).

Pusuk Buhit dianggap keramat oleh masyarakat sekitar. Gunung ini memiliki ketinggian 1.972 meter dan menawarkan pesona alam menakjubkan. Saat berada di puncak, traveler tak hanya dapat melihat keindahan Toba, tetapi juga dapat melakukan kegiatan lain, seperti mengunjungi Aek Sipitu Dai. Ini adalah pemandian umum yang terletak di Desa Limbong Sigala.

Selain itu ada Rumah Persaktian. Di sini Anda akan mendapatkan informasi mengenai asal-usul kehidupan suku Batak, khususnya dalam melakukan peribadatan. Ada juga Batu Hobon yang terkenal mistis. Di sini banyak tempat yang dikeramatkan, salah satunya Batu Hobon. Ini adalah batu berukuran besar yang merupakan buah tangan dari Raja Uti (Cucu Raja Batak).

Editor : Vien Dimyati