Ramai Isu Aksi Mogok di Labuan Bajo, BPOLBF: Kami Jamin Keamanan dan Keselamatan Wisatawan 

Elvira Anna · Selasa, 02 Agustus 2022 - 15:33:00 WIB
Ramai Isu Aksi Mogok di Labuan Bajo, BPOLBF: Kami Jamin Keamanan dan Keselamatan Wisatawan 
Destinasi wisata di Labuan Bajo. (Foto: dok Kemenparekraf)

JAKARTA, iNews.id – Isu mogok pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Labuan Bajo terkait kenaikan harga masuk TN Komodo, khususnya di Pulau Komodo dan Pulau Padar, serta kawasan perairan sekitarnya memang meresahkan wisatawan. Namun Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno sudah meminta seluruh pemangku kepentingan pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur dapat menahan diri dan mengedepankan dialog dalam menyelesaikan persoalan terkait pengembangan sektor parekraf.

Menparekraf bersama dengan Dirut dari Badan Pengelola Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Shana Fatina juga memfasilitasi pelaku pariwisata agar menemukan jalan tengah demi perkembangan wisata di Indonesia, khususnya di Labuan Bajo. Kemenparekraf dan BPOLF secara aktif membuka dialog dan menampung aspirasi dari seluruh pelaku parekraf di Labuan Bajo.

Direktur Utama BPOLBF, Shana Fatina, juga meminta wisatawan tetap tenang dan tidak perlu khawatir untuk berkunjung ke Labuan Bajo. Shana memastikan respons cepat Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat dan Pemerintah Provinsi NTT yang berkoordinasi dengan seluruh pihak mulai dari Polres, TNI, Satpol PP, Dishub, ASDP, PELNI, dan institusi pemerintah lainnya untuk mengawal keamanan wisatawan.  

"Untuk teman-teman yang sudah menjadwalkan kunjungan ke Labuan Bajo jangan khawatir. Labuan Bajo aman untuk dikunjungi. Seluruh pihak dari otoritas setempat di Labuan Bajo maupun masyarakat menjamin keamanan dan kenyamanan teman-teman semua berwisata di Labuan Bajo", ujar Shana, dilansir dari siaran pers, Selasa (2/8/2022).

Wisatawan mancanegara yang baru tiba di Labuan Bajo. (foto: dok BPOLF)
Wisatawan mancanegara yang baru tiba di Labuan Bajo. (foto: dok BPOLBF)

Melindungi wisatawan juga menjadi prioritas pemerintah Kabupaten Manggarai Barat berkoordinasi dengan seluruh unsur Forkompimda. Mereka akan merespon cepat situasi keamanan dan stabilitas kota Labuan Bajo sebagai aksi tanggap darurat dari aksi mogok massal yang dilakukan sebagian besar pelaku pariwisata yang menghentikan seluruh aktivitas pelayanan pariwisata di Labuan Bajo, Manggarai Barat. 

"Kami sudah berkoordinasi dengan seluruh pihak untuk bisa mengkondisikan keamanan teman-teman wisatawan yang datang ke Labuan Bajo. Kami fasilitasi transportasi bagi wisatawan di bandara, terutama bagi wisatawan yang kesulitan mendapatkan kendaraan untuk selanjutnya bisa diantarkan ke hotel dan lokasi tujuan lainnya di dalam kota Labuan Bajo. Begitupun dengan kapal, kami sudah berkoordinasi dengan ASDP dan Pelni untuk siapkan kapal perbantuan bagi wisatawan yang akan ke pulau. Kami pastikan semuanya aman!", kata Edistasius Endi, Bupati Manggarai Barat. 

Editor : Elvira Anna

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda