Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Sandiaga Uno: Indonesia Punya Peluang Percepat Pertumbuhan Ekonomi
Advertisement . Scroll to see content

Sandiaga Uno Apresiasi UMKM Jadi Womenpreneur melalui Program Aksi Perempuan 

Jumat, 02 Desember 2022 - 15:40:00 WIB
Sandiaga Uno Apresiasi UMKM Jadi Womenpreneur melalui Program Aksi Perempuan 
Sandiaga Uno apresiasi program yang dikenalkan oleh Stellar Women dan Tjufoo (Foto: Ist)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Produk lokal Indonesia memang dikenal memiliki kualitas terbaik dan berpotensi dikenal hingga mancanegara. Produk ekonomi kreatif ini bisa naik kelas jika ditangani dengan tepat.

Ya, dalam menyambut keberhasilan program Akselerasi Bisnis (AKSI) Perempuan bersama community platform Stellar Women, brand aggregator Tjufoo memperkuat ekosistemnya dengan menggandeng tiga bisnis perempuan dengan potensi terbaik untuk naik kelas. 

Ketiga bisnis tersebut, yakni bisnis fashion muslimah, Winona Modest, bisnis perawatan dan kecantikan, DEW ME, serta bisnis konveksi perlengkapan bayi, Crucil, yang berkesempatan meraih peluang investasi, berupa pendanaan dan dukungan operasional, senilai total miliaran rupiah.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memberi apresiasi karena program AKSI Perempuan mampu mewadahi semangat berjejaring serta pendampingan yang menjangkau lebih banyak UMKM di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Khususnya di daerah destinasi wisata yang terdampak kelesuan ekonomi global.

"Hal ini sesuai dengan upaya kita dalam penciptaan peluang usaha dan lapangan kerja, dengan target 1,1 juta lapangan kerja pada 2022 dan 4,4 juta lapangan kerja pada 2024,” kata Sandiaga dalam Awarding Ceremony AKSI Perempuan di Jakarta, Selasa (22/11/2022). 

Hal senada juga disampaikan oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki yang menilai program AKSI Perempuan membantu memperkuat fundamental bisnis para pelaku UMKM perempuan di tengah kondisi ekonomi yang tidak pasti.

“Saat ini UMKM perempuan merupakan penggerak strategis dalam pembangunan ekonomi nasional. Bahkan, mayoritas pelaku UMKM di Indonesia adalah perempuan dengan persentase sebesar 64,5 persen,” kata Teten.

Sementara itu, Co-Founder & Chief Executive Officer Tjufoo, TJ Tham, menyebut investasi dalam mengembangkan brand dibutuhkan untuk memastikan keberlanjutan bisnis dan menggali potensinya di tengah pasar domestik yang menjanjikan, dan inilah yang membuat brand aggregator dilirik investor. 

Apalagi studi eConomy SEA 2022 memprediksi Indonesia, Vietnam, dan Filipina menjadi ‘titik panas’ investasi jangka panjang di tahun-tahun mendatang, di mana pendanaan ke Indonesia diproyeksi bertumbuh sebesar 73%.

TJ Tham menilai, ketiga bisnis terpilih memiliki potensi kuat untuk menguasai pasar lokal apabila mendapat dukungan yang tepat apalagi dengan peluang industri direct-to-consumer yang semakin masif. 

“Sebagai brand aggregator yang fokus pada pasar Indonesia, Tjufoo berharap para womenpreneur terpilih dapat memanfaatkan peluang naik kelas melalui ekosistem dan jaringan kami yang growing. Berbagai kanal pemasaran secara online maupun offline tersedia dalam menjangkau konsumen, maupun jejaring yang dibutuhkan untuk mengembangkan usahanya secara berkelanjutan,” katanya.

Targetkan Investor 2023

Co-Founder & Chief Executive Officer Tjufoo, TJ Tham menyebut, untuk mengoptimalkan potensi pertumbuhan bisnis di tengah persaingan yang semakin ketat, para pebisnis harus memerhatikan hal-hal yang menarik perhatian para investor saat akan membangun bisnis.

Dia menjelaskan, adapun hal yang menarik perhatian investor menjelang tahun 2023, adalah:

1. Disrupsi strategi pemasaran secara hibrida

Pandemi Covid-19 telah memengaruhi  pemasaran banyak merek dengan cara yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Melalui pemasaran hibrida atau hybrid, yakni pendekatan pemasaran secara inklusif di semua kanal, memungkinkan pelacakan customer journey yang berkelanjutan di berbagai touchpoints. Hasilnya, pelanggan akan mendapatkan pengalaman yang lebih positif dan lebih seamless atas merek yang mereka konsumsi. Dengan kata lain, brand image pun akan ikut terkerek naik.

2. Terapkan lean business model untuk tingkatkan performa merek

Lean business model adalah strategi bisnis yang berusaha meminimalkan pemborosan dalam produksi dan operasional seraya memperkuat fokus dalam memuaskan keinginan pelanggan. Model bisnis ini dapat menjadikan kinerja merek lebih adaptif dan cepat dalam menghadapi perubahan pasar. Selain itu, lean business model juga membantu manajemen perusahaan menciptakan tim yang lebih kompak dan harmonis, sehingga bisnis senantiasa berjalan efisien.

3. Tanggung jawab sosial dalam berbisnis

Brand yang mengintegrasikan komitmen berkelanjutan untuk melakukan yang lebih baik bagi bumi, komunitas, dan individu, ke dalam proses bisnis dinilai dapat memengaruhi laba penjualan dan membawa perubahan positif. Memastikan tanggung jawab sosial yang baik dapat membangun citra yang menarik bukan hanya dapat mendorong loyalitas konsumen dan investor.

Editor: Vien Dimyati

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut