Sandiaga Uno Sebut Kolaborasi Perbankan di Sektor Ekraf Ciptakan Lapangan Kerja
JAKARTA, iNews.id - Ada banyak cara untuk meningkatkan lapangan pekerjaan di masa pandemi. Salah satunya melalui kerjasama perbankan dengan industri ekonomi kreatif.
Hal tersebut disampaikan Sandiaga Uno saat mengikuti seminar daring 'Indonesia Bangkit CIMB Niaga' pada Kamis (15/7/2021).
"Pada intinya kita prihatin karena pariwisata ini mengalami satu tekanan yang luar biasa di tengah pandemi dan tantangan ekonomi. Pariwisata sebagai pencipta devisa nomor 2 setelah Minyak dan Gas Bumi," ujar Sandiaga Uno.
Namun, sekarang kata Sandiaga Uno karena pandemi Covid-19 membuat sektor pariwisata dan ekonomi kreatif turun drastis.
"Sekarang turun hampir 75% di 2020 dari wisatawan mancanegara. 30% wisatawan dalam negeri. Devisanya jebol. Jumlah tenaga kerja yang terancam kehilangan pekerjaan 2 juta orang lebih. Ekspor ekonomi kreatif juga tersungkur -12%," kata Sandiaga Uno.
Dikatakannya pertumbuhan subsektor ekonomi kreatif di Mobile Gaming Developer meningkat. Namun, pertumbuhan sektor ekonomi kreatif di bidang kuliner, fashion, dan kriya harus mempercepat proses digitalisasi.
"Saya bangga buatan Indonesia tidak hanya di mulut, tapi saya juga menggunakan produk-produk kosmetik lokal. Pandemic winner. Bangga produk ekonomi kreatif lokal dengan membeli dan menggunakannya," ujar Sandiaga Uno.
Dia menyebutkan, produk lokal yang populer di Indonesia tidak hanya batik, namun casual wear, tactical wear.
"Pada saat ini saya rasa, ini waktu terbaik untuk mengeksekusi regulasi, atau deregulasi kebijakan yang kurang tepat dan menghambat dunia usaha. Televisi meningkat di masa pandemi seperti sekarang ini," kata Sandiaga Uno.
Menurutnya, Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia perlu diturunkan kongkrit menjadi beli produk ekonomi kreatif.
"Kemarin ada beli kreatif danau Toba, menyangkut kuliner, Horas Mejuah-juah. Dari e-commerce, naik dua kali lipat. Saya meyakini apa yang kita lakukan akan dirasakan oleh masyarakat. Di Bali saya tekankan, karena Juni 2021 itu wisawatan di Bali naik lima kali lipat. Beberapa produk kita di pengembangan dari tingkat desa, kota, dan provinsi, melalui creative hub," kata Sandiaga Uno.
"Saya akan berkolaborasi dengan Menteri Perdagangan, di destinasi super prioritas harus ada kerjasama marketplace fisik untuk menambah kenangan baik dari wisatawan. Kemampuan inkubasi ekonomi kreatif, kemasan kuliner," kata Sandiaga.
Pihaknya sudah memfasilitasi bersama dengan Netflix syuting di Bali. Sebanyak fasilitasi 7 ribu IP Rights. Sandiaga Uno ingin pastikan kebersamaan gotong royong di dunia parekraf khususnya di 5 destinasi super prioritas yakni Danau Toba, Borobudur, Labuan Bajo, Likupang, Mandalika.
Dia menekankan, pariwisata dan ekonomi kreatif bisa berkualitas, berdaya saing, dan berkelanjutan harus didukung dunia perbankan.
"Saya melihat Indonesia selain basis ekonomi kreatif kuat, inovasi anak bangsa tidak kalah, tinggal pemerintah memfasilitasi, di tengah pandemi Covid-19 kami akan duduk bersama-sama mendukung ini," tutur Sandiaga Uno.
Editor: Vien Dimyati