Seoul dan Busan Jadi Destinasi Favorit Warga +62 Liburan ke Korsel
JAKARTA, iNews.id - Seoul hingga Busan menjadi destinasi favorit warga Indonesia saat berlibur ke Korea Selatan. Data ini diumumkan Korea Tourism Organization (KTO).
Menurut KTO, Indonesia masuk dalam daftar 10 besar penyumbang wisatawan Korea Selatan secara global, dan keempat di Asia. Seoul dan Busan menjadi pilihan wisata, karena menawarkan budaya serupa dengan Indonesia.
"Dari Januari sampai September 2025 itu sudah ada 267.000 wisatawan Indonesia ke Korea. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya periode yang sama, ini sudah naik sekitar 12,1 persen dan kalau dibandingkan ke sebelum pandemi di tahun 2019, itu sudah naik 36,2 persen," kata Dwita Rizki, Marketing Manager KTO, Kamis (6/11/2025).
"Jadi, kalau sekarang ini trennya itu memang masih ke Seoul. Cuman belakangan ini yang lagi naik bagi orang Indonesia yaitu Busan," tambah Reza.

Rizki menyampaikan, masyarakat Indonesia senang berbelanja kuliner saat mengunjungi Korea Selatan. Terutama street food yang menjajakan makanan khas Korea dan kuliner unik untuk dibagikan ke khalayak luas.
"Terus juga pastinya kalau ke sana orang Indonesia banyak banget yang pengen nyobain street food-nya. Dan kalau kayak di Myeongdong itu kan juga udah banyak makanan yang Muslim friendly, ya," ungkapnya.
Jika Anda ada ketertarikan untuk mengunjungi Korea, tidak ada salahnya mengulik lebih dalam di event Korea Travel Fair 2025 yang akan digelar selama tiga hari, pada 14-16 November, di Kota Kasablanka Mall, Jakarta Selatan.
Melalui konsep travel fair yang dipadukan dengan cultural expo dan entertainment, traveler akan merasakan pengalaman berwisata ke Korea secara lengkap. Ragam promo menarik mulai dari tiket pesawat dan paket tur bisa kamu dapatkan di sana.
"Melalui Korea Travel Fair 2025 ini kami ingin meningkatkan awareness orang Indonesia terhadap Korea melalui culture-nya dulu, apalagi kan memang ada drama dan K-pop yang amat sangat terkenal," ungkap Reza.
Dia menambahkan, "Melalui travel fair ini kami juga ingin mengenalkan Korea enggak melulu cuma K-pop atau K-drama, tapi ada juga warisan budayanya, nature-nya," tambahnya.
Rizky melanjutkan, fokus tahun ini adalah musim dingin dengan K-culture twist yang menggabungkan keindahan musim dingin dengan energi vibrant K-drama, K-pop, K-kuisine, dan K-lifestyle.
"Jadi, di event ini pengunjung dapat menjelajahi, promosi perjalanan spesial, dan menikmati berbagai pengalaman kultur dari demonstrasi memasak dan workshop kreatif," ujarnya.
Editor: Muhammad Sukardi