Terpikat Keindahan Karst Sangkulirang Kaltim, Unik Ada Peninggalan Purba

Vien Dimyati ยท Kamis, 10 Oktober 2019 - 11:44 WIB
Terpikat Keindahan Karst Sangkulirang Kaltim, Unik Ada Peninggalan Purba

Keindahan pegunungan Sangkulirang (Foto : Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Panorama alam yang ada di Kalimantan Timur (Kaltim) terkenal indah. Tidak sedikit wisatawan takjub dengan keunikannya. Tak hanya menawarkan keindahan alam hutan dan pantai. Kaltim juga memiliki destinasi wisata eksotis yang sudah ada jutaan tahun lalu. Destinasi tersebut bernama Sangkulirang.

Sangkulirang merupakan salah satunya formasi karst di Kutai Timur yang berstatus sebagai kawasan pusaka alam dan budaya. Sebagai pegunungan karst raksasa, Sangkulirang memiliki panorama alam menakjubkan karena membentang dari Kabupaten Kutai Timur hingga Kabupaten Berau. Dinding-dinding terjal, gua bawah tanahnya memiliki ukiran alam eksotis yang mirip lukisan.

Bahkan, perbukitan hijaunya membuat traveler takjub. Di dalam kawasan tersebut juga terdapat gugusan karst lainnya yang tak kalah indah, seperti karst Merabu dan Gunung Ketepu.

"Kalimantan Timur memang tidak memiliki gunung-gunung tinggi seperti di luar Pulau Kalimantan, namun Kalimantan Timur memiliki pesonanya tersendiri salah satunya yaitu exotica perbukitan karst Sangkulirang Mangkalihat yang membentang dari wilayah Kutai Timur hingga ke wilayah Kabupaten Berau. Bisa diimajinasikan mungkin ini salah satu congkelan hijaunya Surga di tanah borneo yang lengkap dengan segala biodiversitasnya. Mari kita kenali cintai lindungi dan lestarikan. Aerial Karst merabu kec. Kelay kab. Berau kalimantan timur" tulis Instagram @info_kaltim, dikutip Kamis (10/10/2019).

Formasi karst Kutai Timur ini memiliki luas 80 x 100 km2, terbagi dalam 12 zonasi Pegunungan Karst Bengalon, Sangkulirang, dan Mangkalihat. Menurut catatan, karst ini memberi informasi tentang jejak manusia purba yang dapat dilihat dari lukisan tangan, gambar perahu, dan lukisan berbagai jenis binatang yang tergambar jelas di dinding gua. Konon, lukisan ini sudah ada sejak 10.000 tahun SM.

Tak hanya lukisan, di sini traveler dapat menemukan puluhan gua berlorong panjang dengan hiasan ornamen alami beserta stalagmit dan stalagtit. Flowstonenya tersusun indah memancarkan kristal kalsit. Traveler jangan sampai melewatkan deretan gua yang ada di sini. Karst Kutai Timur berada di Desa Pengadaan, Kecamatan Karangan, Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur. Berada di sini, traveler akan dimanjakan dengan pemandangan hutan lebat di sekitar gunung dan gua karst yang indah.


Editor : Vien Dimyati