Travelling Makin Mudah Bisa Pilih Destinasi hingga Produk Kreatif Lokal, Ini Caranya
JAKARTA, iNews.id - Di tengah masa pandemi Covid-19, tidak menyurutkan platform market place wisata di Indonesia hadir membangkitkan pariwisata di Tanah Air. Salah satunya Hayo Travel yang merupakan platform online perjalanan wisata di Indonesia.
Melalui platform ini, wisatawan dengan mudah menemukan berbagai produk wisata lokal yang unik berbasiskan kearifan lokal setiap daerah, transportasi lokal dan akomodasi di berbagai lokasi di Indonesia. Anda dapat menemukan di berbagai tempat wisata hingga di lima daerah wisata prioritas Labuan Bajo, Borobodur, Danau Toba, Likupang dan Mandalika.
Bahkan, sampai daerah wisata top yang sudah terkenal seperti Bali, Lombok, Bandung, Toraja, Bromo, Yogyakarta dan lainnya.
Masrura Ram Idjal President Director Hayo Indonesia mengatakan, saat ini Hayo Wisata Indonesia mengumumkan kerjasama dengan Toristy dan Magpie. Toristy merupakan perusahaan teknologi berbasis di Finlandia yang menawarkan platform reservasi untuk kegiatan aktivitas wisata.
Magpie merupakan perusahaan yang berbasis di San Fransisco yang menawarkan sistem manajemen konten berbasis cloud yang secara ekskulisf memasarkan tur, aktivitas dan tamasya. Kerjasama tersebut memfokuskan upaya menambah supplier lokal untuk bergabung bersama Hayo Indonesia.
"Nantinya, supplier Indonesia bisa berjualan kepada wisatawan Indonesia atau pasar domestik. Ketika border International dibuka, kami akan menyasar ke pasar wisatawan mancanegara," ujar Masrura Ram Idjal, melalui keterangan tertulisnya, belum lama ini.
Terkait kerjasama tersebut, CEO Toristy Steve Jackson mengatakan, fokus saat ini di Indonesia adalah untuk mendukung peluncuran Hayo Travel, pendatang baru di marketplace wisata yang akan menawarkan berbagai pilihan pada pelanggan berupa produk tour dan aktivitas.
"Untuk mencapai tujuan, maka harus melibatkan solusi atas pengaturan pemesanan produk-produk wisata dan juga pengaturan konten produk wisata di berbagai platform. Kerjasama ini akan mempercepat tahap ketiga karena perusahan mereka sudah sangat berpengalaman di berbagai aktivitas tour dan aktivitas pemasaran global," kata Toristy Steve Jackson melalui keterangannya, belum lama ini.
CEO Magpie Christian Watts mengatakan, dengan kerjasama ini konsumen sudah lebih berpengalaman dalam membeli produk secara online, banyak wisatawan yang mulai mencari situs lokal untuk memesan dan me-design tur, serta aktivitas mereka.
"Dengan adanya OTA international, situs lokal kecil tentunya akan bersaing keras dengan OTA besar. Untuk bersaing, situs lokal harus memiliki budget yang besar dan penawaran yang sangat baik, atau mereka akan kehilangan pelanggan karena pesaing yang lebih besar dan memiliki sumber daya yang lebih baik," kata Christian Watts.
Sementara itu, Director Hayo Indonesia, Riyan Momod Bahriyansyah mengatakan, Toristy bersama Hayo Travel sudah menunjukkan cara membangun teknologi yang dibutuhkan oleh perusahaan perjalanan Indonesia untuk membantu menjual produk secara online.
"Kerjasama Hayo, Toristy dan Magpie ini dapat membantu memperluas market bagi para supplier pelaku usaha wisata Indonesia ke seluruh dunia dengan layanan penjualan produk di berbagai platform OTA international secara mudah," tutur dia.
Editor: Vien Dimyati