Wisata Air Terjun di Lembah Pelangi Bogor, Terlihat Indah saat Matahari Terik

Vien Dimyati ยท Sabtu, 11 Mei 2019 - 12:00 WIB
Wisata Air Terjun di Lembah Pelangi Bogor, Terlihat Indah saat Matahari Terik

Wisata Air Terjun di Lembah Pelangi Bogor (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Bogor menyimpan banyak destinasi wisata menarik yang layak dikunjungi. Tak hanya wisata pegunungan, Kota Hujan ini juga terkenal dengan beragam keindahan air terjunnya. Curug Lembah Pelangi salah satunya. Curug ini memiliki tinggi sekitar 60 meter. Jika dilihat dari atas, akan terlihat seperti lembah sempit dan menjurang ke bawah.

Ada banyak sudut cantik jika ingin mendapatkan pemandangan pelangi yang biasa muncul di tengah-tengah hempasan air terjun. Tapi, Anda harus datang saat cuaca sedang cerah. Biasanya, pelangi akan muncul saat matahari sedang terik-teriknya. Dari sudut yang pas, pemandangan pelangi di air terjun ini akan terlihat menakjubkan.

"Curug Lembah Pelangi, di mana sekitar area bawahnya terdapat kolam renang. Sobat bisa berkunjung ke tempat wisata ini untuk melepas penat atau refereshing dari kesibukan sehari-hari," tulis Instagram @Indoflashlight, dikutip Sabtu (11/6/2019).

Curug ini berada di wilayah dataran rendah. Jadi udaranya cukup panas dan lembap. Hal ini pula yang menyebabkan adanya bias cahaya matahari yang sesekali jatuh dan membentuk pelangi. Terdapat banyak bebatuan besar yang licin di puncak curug. Disarankan, jangan terlalu ke tepi, karena sangat berbahaya jika tidak mengunakan pengaman.

Anda bisa melakukan aktivitas rappeling di sini, menuruni tebing curug dengan seutas tali. Bisa juga canyoning. Tidak jauh dari lembah, ada satu curug yang tidak terlalu tinggi, pada dindingnya terdapat banyak bebatuan. Di sinilah biasanya para pengunjung dan komunitas pencinta alam melakukan rappelling dan canyoning. Di bawahnya juga sudah ada sebuah kolam renang yang airnya berasal dari aliran sungai.

Jalan masuk ke curug yang terletak di Desa Cimanggu, Kampung Jatake, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor ini kecil dan sempit. Namun, memiliki area parkir yang cukup luas. Biaya tiket masuknya Rp5.000 per orang. Parkir Rp3.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.


Editor : Vien Dimyati