Wisata Bandung, Ada Cibuni yang Terbentuk dari Gunung Purba

Vien Dimyati ยท Kamis, 24 Januari 2019 - 15:54 WIB
Wisata Bandung, Ada Cibuni yang Terbentuk dari Gunung Purba

Kawah Cibuni menyimpan keindahan alam yang bagus. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Travelling ke Bandung belum lengkap tanpa mengunjungi Kawah Putih Ciwidey. Kawah dengan pemandangan danau biru menakjubkan ini terkenal di kalangan wisatawan lokal dan mancanegara.

Tetapi ternyata, tak hanya Kawah Ciwidey yang memiliki pemandangan kawah eksotis. Di sini juga terdapat Kawah Rengganis atau yang biasa di kenal dengan Kawah Cibuni. Kawah Cibuni memang tidak setenar Kawah Ciwidey karena letak kawah ini yang tersembunyi dan juga lokasinya agak sedikit menjauh ke arah perbatasan Ciwidey -Cianjur. Namun, untuk urusan pemandangan, traveler dapat menikmati alam pedesaan. Kawahnya dialiri air sungai yang sejuk.

"Udah tahu belum ternyata di Ciwidey selain menyimpan pesona wisata kawah putih, juga masih menyimpan sisi eksotisme wisata kawah hasil dari letusan gunung berapi lainnya yang tidak kalah menarik dan unik, yaitu Kawah Rengganis Ciwidey, atau yang biasa di kenal Kawah Cibuni. Kawah Rengganis merupakan lokasi kawah alam yang terbentuk dari proses alam yang terjadi jutaan tahun yang lalu, yaitu meletusnya Gunung Sunda Purba. #ayodolan ke sini, Air Kawah di sini bisa dipakai untuk mandi dan terapi loh, ditemani pemandangan yang asri dengan rindangnya pepohonan dan banyaknya batuan. Tenang saja bau belerang di sini tidak terlalu menyengat. Yuk tag dan ajak teman kamu ke sini!," tulis Instagram @Ayodolan dikutip Kamis (24/1/2019).

Kawah putih selama ini dikenal memiliki karakteristik yang khas, pasirnya yang putih dan air kawahnya yang selalu berubah, maka Kawah Rengganis Ciwidey ini lebih asri dengan pepohonan yang rindang dan batuan unik. Meski ini adalah objek wisata kawah, tapi bau belerangnya tidak terlalu menyengat.

Traveler yang berwisata ke sini dapat bermain air atau mandi di sungai. Air sungai yang mengalir dipercaya dapat menjadi terapi. Bahkan, selain sebagai tujuan wisata, Kawah Rengganis juga dikenal dengan tujuan wisata ziarah. Karena di kawah ini terdapat situ dan makam yang dikeramatkan warga sekitar.

Untuk menuju kawah rengganis sangat mudah sekali dicapai baik menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, cukup ikuti saja arah Situ Patenggang, kemudian kira-kira 3 kilometer sudah sampai jalan arah masuk Kawah Rengganis. Jangan lewatkan untuk membawa kamera, sebab kawah ini memiliki banyak spot Instagramable untuk berswafoto. Bagaimana, penasaran ingin mengunjungi objek wisata Kawah Rengganis?


Editor : Adhityo Fajar