Wisata Kaltim, Indahnya Danau Dua Rasa Miliki Air Jernih Mirip Cermin

Vien Dimyati ยท Jumat, 22 Maret 2019 - 12:27 WIB
Wisata Kaltim, Indahnya Danau Dua Rasa Miliki Air Jernih Mirip Cermin

Keindahan Danau Dua Rasa (Foto : Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak objek wisata menarik di Kalimantan timur yang dapat Anda eksplor lebih dalam. Wilayah yang berbatasan langsung dengan Malaysia ini memiliki sederet destinasi wisata menarik yang dapat memanjakan wisatawan.

Salah satu objek wisata yang tidak boleh dilewatkan ketika berada di Kaltim adalah Danau Labuan Cermin. Danau yang terletak di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-Biduk Kalimantan Timur ini memiliki pesona air yang jernih sebening kaca.

Menariknya, danau ini memiliki dua jenis air. Pertama, rasa air tawar di bagian dasar, dan rasa air asin di permukaan danau. Bahkan, ikan yang hidup seolah terpisahkan.

"Danau Labuan Cermin adalah salah satu objek wisata air yang berlokasi di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Tempat wisata alam ini dikelola oleh masyarakat sekitar bekerja sama dengan Lembaga Masyarakat Labuan Cermin yang menaunginya," tulis Instagram @danaulabuan.cermin, dikutip Jumat (22/3/2019).

Saking jernihnya air di danau ini, dasar dari danau yang berupa pasir laut ini pun bisa terlihat dengan jelas. Dinamakan Labuan Cermin karenakan memiliki lapisan yang membuat cahaya matahari memantul.

Dua jenis air inilah yang membuat danau memiliki lapisan pemisah sehingga air dapat memantul. Tak jarang juga masyarakat menyebut danau Labuan Cermin ini dengan julukan Danau Dua Rasa. Meski terlihat dangkal, harus tetap waspada karena kedalaman danau ini sebenarnya mencapai empat hingga lima meter.

Traveler yang berada di sini, tak hanya dapat melihat eksotisme air danau. Tetapi juga akan dimanjakan dengan pepohonan rimbun yang membuat suasana sejuk. Jangan lewatkan untuk snorkeling, menyelam, atau berenang. Sebab, di dasar danau Anda akan melihat berbagai jenis ikan air tawar dan asin.


Editor : Vien Dimyati